Orang Tua Harus Mewaspadai Tanda-tanda Anak yang Mengalami Depresi

Depresi adalah suatu kondisi yang terjadi pada seseorang dimana suasana hati yang buruk dan berlangsung selama kurun waktu tertentu. Saat seseorang mengalami depresi maka ia akan merasakan kesedihan berkepanjangan, merasa putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, bisa juga kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri.

Depresi tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, namun juga depresi bisa terjadi pada anak-anak. Sementara itu, depresi pada anak lebih sulit dideteksi.

Saat anda mengetahui bahwa anak anda tidak seperti biasanya, dimana ia kini lebih sering murung di rumah atau mungkin gurunya berbicara dengan anda mengenai sikap anak yang sering menarik diri dari lingkungannya, bisa saja itu terjadi karena anak mengalami depresi.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Dokter Yunias Setiawati SpKJ dari RSUD dr Soetomo Surabaya, sebagaimana yang dikutip dari JPNN.com, bahwa gejala depresi pada anak sebenarnya berupa cry for help terhadap orang tua. Namun, karena anak kerap menampilkan perilaku negatif, orang tua dan guru merasa kesal. Bukannya mendapat pertolongan, seringkali justru anak malah sering mendapat hukuman dari orang tua.

Tanda-tanda yang Muncul Pada Anak yang Mengalami Depresi

Gejala depresi pada anak sering kali terselubung. Karena itu, jika ada beberapa gejala seperti perubahan perilaku, orang tua lebih baik mengantisipasi. Berikut ini adalah beberapa gejala anak yang terkena depresi yang harus menjadi perhatian orang tua:

1. Kelelahan konstan

Salah satu gejala yang dimunculkan oleh anak yang mengalami depresi adalah ketika biasanya anak bergerak aktif dan ia menunjukkan tanda-tanda kelelahan ekstrem secara tiba-tiba, bahkan setelah mendapatkan istirahat yang tepat.

2. Merasa tidak berharga

Anak yang sering berkata ‘tidak ada satu pun yang menyukai saya’ dan ataupun hal-hal yang serupa, ia akan merasa dirinya tidak berharga. Jika terlalu lama dibiarkan dan orangtua tidak melakukan intervensi, ini akan berdampak depresi pada anak.

3. Menarik diri

Hal yang bisa menjadi tanda lain dari anak yang mengalami depresi adalah ketika anak-anak yang berhenti bermain dengan kawannya dan kini menjadi tidak suka berinteraksi. Hal itu bisa jadi karena anak memiliki masalah dengan kelompok bermainnya. Karena itu, cobalah tanyakan pada anak mengenai kegelisahannya yang tak terungkap.

4. Tidak menunjukkan ketertarikan

Bagi anak, bertamasya atau liburan adalah merupakan hal yang menyenangkan. Umumnya anak tidak akan menolak ajakan mengenai hal ini. Namun saat anak menolak ajakan berlibur dan cenderung lebih memilih mengukung dirinya sendiri di kamar sepanjang hari, maka bisa jadi itu karena anak anda sedang depresi.

5. Sering mengamuk dan mudah marah

Mengamuk dan mudah marah adalah petunjuk sang anak meluncurkan perilaku agresif. Mungkin ada faktor yang menjadi penyebab sang anak bersikap demikian dan membuatnya menjadi depresi.

6. Kehilangan selera makan

Gejala lain anak yang mengalami depresi adalah hilangnya selera makan secara tiba-tiba. Agak sulit membedakan anak yang picky eating dengan gejala depresi. Anda bisa menggabungkan beberapa tanda lain yang mengarah pada anak yang depresi. Jangan lupa untuk melakukan pendekatan kala ia merasa jatuh.

Gejala depresi pada anak sering kali terselubung. Karena itu, jika ada beberapa gejala seperti perubahan perilaku, orang tua lebih baik mengantisipasi. Misalnya, anak menjadi semakin hiperaktif, impulsif, menentang, berkata-kata kasar, marah, murung, menyendiri, melamun, mudah menangis, dan cengeng.

Perubahan lain adalah terjadi penurunan prestasi di sekolah. Termasuk mengalami psikosomatis, yaitu anak sering mengeluh sakit kepala, sakit perut, dan muntah. Padahal, saat diperiksakan, tidak ada penyakit yang menyertainya. Hal itu terjadi lantaran anak merasa stres.

loading...
Loading...
anak sekolahb bermaiin sek, cara buat bikin sakit perut, cara buat sakit perut, cara membuat orang s, cara membuat orang sakit per, cara nak buat orang sakit perut

Orang Tua Harus Mewaspadai Tanda-tanda Anak yang Mengalami Depresi | akbar | 4.5