Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Epilepsi

Penderita epilepsi biasanya selalu mengalami ketakutan guna menjalani aktivitas sehari-hari. Apalagi stigma bahwa penyakit epilepsi berbahaya dan menular masih menjadi doktrin di kalangan masyarakat. Sudah saatnya menyingkirkan ketakutan dan stigma tersebut. Para penderita epilepsi bisa melakukan olahraga dan aktifitas lainnya. Namun tetap diperhatikan tingkat bahayanya. Pasalnya tidak semua olahraga bisa menguntungkan bagi para penderita epilepsi. Beberapa diantaranya bahkan cukup berbahaya bagi penderita epilepsi.

Olahraga memang cukup baik untuk para pasien epilepsi. Namun ada beberapa olah raga yang disarankan tidak boleh dilakukan. Salah satunya adalah berenang. Jika tiba-tiba mengalami kejang bisa membuatnya tenggelam. Begitu juga dengan bersepeda. Bisa saja para penderita akan jatuh dan tertabrak.

Beberapa olahraga yang cukup aman untuk para penderita epilepsi adalah jogging, tenis, bulutangkis, voli, basket hingga yoga. Olah raga bisa membuat kondisi tubuh meningkat dan juga kepercayaan diri juga meningkat.

Disarankan untuk diberi pendampingan agar bisa mendapatkan pertolongan ketika para penderita mengalami kejang-kejang. Hal ini disebabkan jika pasien menderita kejang, biasanya akan sulit untuk dikontrol. Tentu saja mereka juga dilarang untuk mengendarai mobil atau motor disebabkan bisa membahayakan orang lain. Mengendarai boleh saja dilakukan jika para penderita epilepsi sudah bebas kejang lebih dari 12 bulan. Namun tentu saja harus dalam pengawasan. Kejang pada penderita epilepsi tetap selalu mengintai. Penggunaan obat bisa membantu untuk menguranginya.

loading...
Loading...
olahraga epilepsi

Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Epilepsi | akbar | 4.5