Loading...

Obat Tradisional untuk Ambeien (Wasir)

Gambar Ambeien atau Wasir. Ramuan Obat Tradisional Alami untuk Wasir atau AmbeienAmbeien, atau yang biasa disebut juga dengan wasir yang dalam bahasa Latin disebut Hemorrhoid adalah suatu penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan.

Penyebab Ambeien atau Wasir

Beberapa penyebab ambeien atau wasir, misalnya karena kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil.

Obat Tradisional & Alami untuk Ambeien atau Wasir

Ada beberapa ramuan obat tradisional dan alami yang bisa dicoba untuk mengobati ambeien atau wasir.

1. Akar Jeruk Nipis
Setengah genggam akar jeruk nipis dicuci bersih, kemudian direbus dalam 6 gelas air dengan api hingga tersisa 3 gelas. Setelah dingin, airnya diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

2. Daun Keji beling
Siapkan 20 sampai 50 gram daun keji beling segar dan air sebanyak 6 gelas. Cara penggunaannya; rebus daun keji beling dalam 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Tanaman Bayam Duri
Cuci bersih satu tanaman bayam segar. Rebus dengan air secukupnya. Bagian yang sakit diuapi dan dicuci dengan air rebusan tadi.

4. Daun Komfrey
Terlebih dahulu siapkan 4 lembar daun komfrey segar, 4 gelas air dan garam secukupnya.

Ada tiga cara pengobatan yang bisa dilakukan.
Cara pertama; rebus daun komfrey dengan 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Kemudian airnya diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.
Cara kedua; lemaskan lembar daun komfrey dengan garam (secukupnya), lalu dicuci. Makan daun tersebut 2 kali sehari sebagai lalap.
Cara ketiga; daun komfrey dijus, lalu sarinya diminum untuk 2 kali sehari.

5. Daun Wungu dan Pegagan
Siapkan 14 gram daun wungu, 13 gram pegagan segar, 3 tanaman utuh tempuh wiyang, 3 siung bawang merah, 3 butir adas, setengah jari pulosari, 10 gram rimpang kunyit, dan 3 gelas air bersih.
Untuk cara pengobatan; semua bahan tersebut dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya. Selanjutnya direbus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring airnya dan diminum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

6. Daur Iler
Siapkan bahan berupa 25 gr daun iler segar, 5 gram gula merah dan 2 gelas air.
Untuk cara pengobatan; daun iler dicuci hingga bersih, kemudian rebus dalam 2 gelas air selama 15 menit. Tambahkan gula merah dan aduk hingga rata. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 3 kali masing-masing 1 gelas.

Cara Mencegah Ambeien atau Wasir

Adapun cara untuk mencegah ambeien atau wasir adalah dengan cara menjaga agar tinja tetap lunak sehingga bisa keluar dengan mudah, sehingga mengurangi tekanan dan tegangan pada anus tuntaskan sesegera mungkin setelah ada rangsangan buang air besar. Lakukan olahraga, termasuk berjalan, dan meningkatkan kandungan serat dalam diet dapat membantu mengurangi sembelit dan mengejan dengan menghasilkan tinja yang lebih lembut dan lebih mudah untuk keluar. Mengurangi waktu untuk buang air besar dan menghindari membaca sementara di toilet juga direkomendasikan karena dapat mencegah terkena ambeien atau wasir.

loading...
Loading...
tanaman obat wasir, daun keji beling untuk wasir, daun kijah beling untuk ambeien, kejibeling untuk mengobati wasir

Obat Tradisional untuk Ambeien (Wasir) | chsa | 4.5