Obat Herbal: Obat Tradisional Alami untuk Diare atau Mencret

obat mencret dan diare yang alamiDiare atau menceret adalah suatu penyakit penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Penanganan yang terlambat terhadap diare dapat menyebabkan kematian. Karena kotoran yang dikeluarkan selama diare masih dalam bentuk cairan, maka jika terjadi dalam waktu yang lama dan tanpa penanganan yang tepat akan dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan hingga berakhir pada kematian.

Berikut ini adalah beberapa ramuan obat tradisional untuk mengobati diare yang kami himpun dari berbagai sumber:

1. Obat Diare Menggunakan Daun Jambu Biji
Cara pertama:
Cuci bersih 5 lembar daun jambu biji serta 1 potong akar, kulit dan batangnya, rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih. Setelah dingin, saring. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Cara kedua:
Daun jambu biji sebanyak 30 gram direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Minum 2 kali sehari.

2. Obat Diare Menggunakan Getah Sawo
Ambil sawo muda, belah dan peras. Gunakan lebih kurang 15 tetes getah buah muda. Seduh dengan setengah gelas air matang panas. Minum setidaknya tiga kali sehari selama sakit. Cara lain bisa dilakukan dengan memarut sawo dan menyaringnya dengan air matang.

3. Obat Diare Menggunakan Daun Sawo
Sediakan satu mangkuk daun sawo. Iris dan seduh dengan dua gelas air panas selama 15 menit. Minum tiga kali sehari.

4. Obat Diare Menggunakan Kulit Buah Delima
Kulit delima kering sebanyak 30 gram dan 10 gram daun teh direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat. MInum 2 kali sehari.

5. Mengobati diare dan disentri dengan buah kesemek
Siapkan beberapa potongan buah kesemek yang sudah dikeringkan. Rebus sampai jadi bubur. Campur dengan beras ketan dan irisan jeruk dua potong. Campur sampai rata, angkat dan konsumsi tiga kali sehari.

6. Obat Diare Menggunakan Akar Bunga Teratai
Sediakan 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe. Kemudian dicuci bersih lalu diparut dan diambil airnya. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari setiap pagi, siang dan sore.

loading...
Loading...
Obat Herbal: Obat Tradisional Alami untuk Diare atau Mencret | chsa | 4.5