Obat Diare Rumahan: Cara Membuat Obat Diare Sendiri di Rumah

Obat Diare Tradisional untuk Anak-anakWalau saat ini sudah ada obat diare yang dijual di apotik, namun tidak ada salahnya bila kita coba membuat sendiri obat diare dengan bahan alami yang ada di sekitar kita. Apalagi bila diere atau menceret yang dialami tergolong kategori ringan dan tidak parah.

Untuk cara membuat sendiri obat diare sangatlah mudah. Kita hanya perlu menyediakan daun jambu biji dan kunyit. Kedua bahan tersebut sangatlah mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita.

Cara Membuat Obat Diare Tradisional

Sebagaimana yang sudah diulas di atas, bahwa untuk membuat sendiri obat diare kita membutuhkan bahan yaitu daun jambu biji dan kunyit, ditambah lempuyang. Siapkan 10 lembar daun jambu biji (pilih yang agak tua, pilih daun ke 4 dari pucuk daun), bersihkan. Kemudian siapkan juga kunyit kering dengan berat sekitar 11 gram atau sebesar telur ayam. Yang terakhir, siapkan juga lempuyang emprit sekitar 9 gram atau sebesar 1 jari tangan jika tidak kering.

Untuk cara meramu obat diare herbal, ikuti langkah-langkah berikut ini:

loading...
  1. Cuci semua bahan di atas yang sudah disiapkan dengan bersih.
  2. Iris tipis-tipis semua bahan obat.
  3. Rebus semua bahan dengan air sebanyak 4 gelas hingga nanti tersisa 3 gelas.
  4. Saring air rebusan dan dinginkan.

Cara Minum Obat Diare

Obat diare yang sudah kita buat tersebut hanya dianjurkan untuk dewasa dan anak-anak yang sudah berusia 1 tahun ke atas.

Adapun dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa, adalah diminum 4 kali sehari sebanyak setengah gelas sekali minum. Untuk anak dengan usia 9-12 tahun, dosisnya adalah 4 kali sehari sebanyak seperempat gelas sekali minum. Anak usia 6-8 tahun, diminum 4 kali sehari masing-masing 5 sendok makan. Untuk anak usia 4-5 tahun bisa diminumkan ramuan tersebut 4 kali sehari masing-masing satu setengah sendok makan. Dan khusus untuk anak-anak yang masih usia 1-3 tahun ramuan tersebut bisa diminumkan 4 kali sehari sebanyak masing-masing 1 sendok makan.

loading...
Loading...
obat diare anak 1 tahun keatas, obat mencret, obat diare alami, obat diare tradisional, obat mencret alami, obat diare anak 1 tahun, obat diare anak 2 tahun alami, obat diare untuk bayi 1 tahun, obat tradisional mencret untuk bayi, Obat mencret tradisional, obat tradisional diare, obat diare untuk anak 1 tahun keatas, obat mencret untuk anak usia 1 tahun keatas, obat diare anak 1 tahun tradisional, obat diare anak 4 tahun, obat mencret balita 1 tahun, Obat mencret anak 3 tahun, obat mencret anak 1 tahun, obat diare anak 3 tahun, obat mencret anak umur 1 tahun, obat diare untuk anak 1 tahun, obat diare anak 2 tahun, cara mengatasi diare pada anak usia 1 tahun, obat diare anak, obat mencret alami utk anak 3 tahun, obat mencret bayi 1 tahun, obat diare anak 6 tahun, cara mengobati mencret pada anak 1 tahun, obat diare, Obat mencret untuk anak 1 tahun keatas

Obat Diare Rumahan: Cara Membuat Obat Diare Sendiri di Rumah | chsa | 4.5