Obat Diare: Cara Membuat Oralit untuk Mengatasi Diare

Cara Membuat Larutan Elektrolit Oralit untuk Mengatasi DiareOralit untuk Mengatasi Diare – Lingkungan yang kurang bersih serta kebiasaan tidak sehat seperti tidak mencuci tangan sebelum makan bisa menyebabkan seseorang terkena diare. Ketika diare, tubuh akan banyak kehilangan cairan yang pada akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi.

Bila tidak segera ditangani, diare bahkan bisa menyebabkan kematian akibat dari banyaknya cairan dalam tubuh yang hilang. Karena itu, bila ada yang terkena diare, maka dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi cairan, yaitu dengan banyak minum.

Cara Membuat Oralit untuk Obat Diare dan Menceret

Penderita diare sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat diare. Untuk penderita diare, bisa juga dengan minum oralit. Bila tidak menemukan oralit bubuk, bisa juga dengan membuat larutan oralit sendiri. Berikut adalah cara membuat oralit:

  • 200 ml atau 1 gelas belimbing air matang
  • 2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus

Semua bahan tersebut dicampur hingga larut lalu minumkan pada penderita diare. Agar oralit dapat bekerja dengan baik, maka perlu mengikuti ketentuan cara minum oralit sebagai berikut:

Usia Pemberian Setelah 3 Jam Diketahui Diare Pemberian Setelah BAB
Kurang dari 1 tahun 1 1/2 gelas 1/2 gelas
1 – 4 tahun 3 gelas 1 gelas
5 – 12 tahun 6 gelas 1 1/2 gelas
Dewasa 12 gelas 5 gelas

Selanjutnya penderita diare juga bisa diberikan pengobatan diare secara tradisional atau dibawa ke dokter bila diare tidak juga kunjung sembuh.

loading...
About these ads

Loading...
Obat Diare: Cara Membuat Oralit untuk Mengatasi Diare | chsa | 4.5
cara membuat oralit untuk kucing, cara membuat oralit, cara membuat oralit untuk kucing diare, oralit untuk kucing