Naik Pesawat, Ini Cara Mencegah Jet Lag Saat Travelling

Mabuk pasca terbang atau yang biasa kita kenal dengan istilah jet lag adalah sebuah kondisi fisiologis yang terjadi akibat gangguan terhadap jam alami tubuh atau ritme sirkadian tubuh. Kondisi mabuk pasca terbang ini mungkin berlangsung selama beberapa hari, tergantung kemampuan fisik yang dimiliki tubuh seseorang.

Ada beberapa cara untuk mencegah jet lag saat bepergian jauh dengan naik pesawat. Yang sayangnya beberapa orang justru kerap melakukan hal yang salah.

Agar jet lag tidak semakin parah, maka ada beberapa hal yang perlu dihindari. Misalnya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan tertentu sebelum terbang dan atau yang lainnya.

Cara Mencegah Jet Lag Saat Travelling Menggunakan Pesawat

Sebagaimana yang dikutip dari laman Stuff, ada beberapa hal yang tidak seharusnya dilakukan demi menghindari jet lag. Berikut beberapa diantaranya:

1. Meminum obat tidur

Obat tidur sebaiknya hanya digunakan saat travellers melakukan penerbangan lebih dari delapan jam. Kurang dari itu, sebaiknya tidak meminum pil obat tidur. Karena pil tidur dapat membuat travellers merasa seperti dibius dan sangat mengantuk ketika tiba di tempat tujuan.

2. Minum kopi sebelum ke bandara

Selama ini mungkin anda sudah terbiasa untuk menikmati secangkir kopi di pagi hari. Namun sebaiknya hindari minum kopi sebelum ke bandara. Karena efek kafein yang terkandung dalam kopi bisa membuat anda sulit tidur di pesawat dan mengganggu istirahat malam.

3. Tidak membawa benda yang tepat

Memiliki istirahat yang cukup dapat membantu menghindari jet lag. Untuk istirahat yang nyaman selama di pesawat, anda bisa menggunakan penutup mata, penyumbat telinga, pakaian yang nyaman dan juga bantal leher kesayangan.

4. Tidak menyesuaikan diri dengan lingkungan

Untuk bisa mengatasi jet lag, sangat penting bagi travellers untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru di tempat tujuan. Jangan sampai travellers tidak memiliki waktu untuk beradaptasi. Gunakan tiga perempat hari pertama untuk menyesuaikan beradaptasi dengan melakukan aktivitas di luar ruangan.

Itulah beberapa cara mencegah jet lag saat naik pesawat untuk bepergian jauh. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Naik Pesawat, Ini Cara Mencegah Jet Lag Saat Travelling | akbar | 4.5