Musim Hujan Tiba, Ini Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Gampang Sakit

Musim hujan sudah datang. Hampir setiap hari hujan selalu turun. Bahkan beberapa daerah di Indonesia sudah mulai mengalami banjir.

Sebagai orang tua, tentulah khawatir terhadap buah hatinya. Pasalnya, anak-anak masih cukup rentan terhadap gangguan penyakit akibat masih lemahnya daya tahan tubuh. Flu, pilek dan demam bisa saja datang menghampiri si buah hati, apalagi bila anak suka main air hujan.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana caranya menjaga kesehatan anak agar tahan terhadap penyakit saat musim penghujan datang.

1. Makan yang teratur
Anak-anak biasanya susah disuruh makan. Namun pada musim penghujan ini, orang tua harus lebih ekstra keras mengusahakan agar anak mau makan secara teratur. Dengan pola makan yang teratur, itu bisa membantu pembentukkan kekebalan tubuh. Ajarkan agar anak anda makan tiga kali sehari dengan porsi yang cukup.

Selain makan teratur, pastikan juga bahwa makanan yang dikonsumsi kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Khususnya untuk menjaga stamina tubuh agar tetap sehat, perbanyaklah untuk mengonsumsi buah dan sayur yang sarat vitamin C. Buah pepaya, melon, jeruk adalah buah-buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat musim hujan. Bila diperlukan, anak juga bisa diberikan tambahan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit.

2. Istirahat Siang Hari
Bila biasanya anak susah untuk tidur siang, maka di musim hujan ini usahakan agar anak mau tidur siang. Selain untuk mencegah agar anak tidak terlalu lelah karena terlalu banyak bermain, tidur siang juga baik untuk pertumbuhan anak.

Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif. Selain itu, sistem kekebalan tuuh anak akan lebih kuat jika kebutuhan istirahat di siang hari tercukupi. Pastikan juga anak memiliki pola tidur malam yang teratur dan cukup agar stamina tubuh anak optimal.

3. Aktif Bergerak
Menjaga kesehatan tubuh anak tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan istirahat yang cukup. Namun juga harus diimbangi dengan olahraga. Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik yang membuatnya lebih banyak menggerakkan tubuh. Bila hujan, anda bisa mengajak anak untuk olahraga di dalam rumah. Misalnya dengan lompat tali, senam aerobik, minta anak bergerak mengikuti lagu bertempo cepat. Anda bisa melakukan olahraga tersebut bersama anak.

4. Mencuci Tangan
Salah satu upaya mencegah penyakit pada anak di musim hujan yang juga penting untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan tubuh. Perhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan anak. Kuku bisa menjadi sarang dan sumber penyakit, seperti diare. Sebelum makan, ajak anak untuk mencuci tangan. Juga setelah buang air dan sesudah memegang binatang peliharaan untuk menjaga anak dari kuman penyebab penyakit. Latih anak anda untuk mencuci tangan dengan cara yang benar yaitu dengan menggosok seluruh permukaan tangan, jari dan kuku selama 20 detik.

loading...
Loading...
Bagaimana cara memasak sup pepaya, cara memasak sup pepaya muda

Musim Hujan Tiba, Ini Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Gampang Sakit | lawas | 4.5