Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin, Benarkah?

Anggapan bahwa motor jenis injeksi tidak boleh kehabisan bensin telah beredar luas di masyarakat hingga menyebabkan banyak orang berpikir ulang sebelum membeli motor yang menggunakan sistem injeksi. Hal ini ternyata tidak benar.

Mitos bahwa motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin dan bila ini sampai terjadi maka untuk dapat menyalakan kembali motor injeksi maka harus dibongkar di bengkel resmi dan resmi untuk dilakukan reset ulang memakai alat yang terhubung ke komputer tidaklah benar. Karena teknologi injeksi yang digunakan sekarang berbeda dengan yang dulu.

Perlu diketahui bahwa teknologi injeksi sudah ada sejaktahun 90 an yang banyak digunakan pada kendaraan yang menggunakan mesin diesel (sistem return pipe). Kelemahan pompa injeksi dulu adalah jika kehabisan bensin maka fuel pump akan dipaksa bekerja dan membawa udara ke dalam mesin akibatnya udara akan terjebak dan menghalangi aliran bensin dari fuel pump. Istilah seperti ini biasa disebut “masuk angin”. Maka solusinya harus dilakukan pembongkaran mesin untuk membuang udara yang terjebak dan di isi bensin agar bisa hidup kembali.

Berbeda dengan teknologi injeksi jaman dulu, teknologi injeksi yang digunakan pada motor sekarang sudah tidak ada istilah masuk angin jika kehabisan bensin. Karena saat motor kehabisan bensin, fuel pump secara otomatis akan menurunkan tekanan udara saat bensin dalam tangki mulai kosong. Motor akan berjalan tersendat-sendat setelah itu mesin akan mati. Bila ini terjadi (habis bensin), tinggal diisi lagi bahan bakarnya yang sesuai dengan spesifikasi motor dan bisa dihidupkan kembali.

loading...

Namun walau mitos bahwa motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin tidak benar, pemilik motor injeksi sebaiknya tetap menjaga agar motor tidak sampai benar-benar kehabisan bensin terlalu sering. Karena bila motor injeksi sering kehabisan bensin, hal ini akan memperpendek usia sistem injeksinya seperti di bagian fuel pump. Karena fuel pump merupakan komponen utama untuk menyalurkan bensin ke mesin.

Selain itu, bila seringkehabisan bensin akan membuat tangki bensin cepat kotor dan menimbulkan endapan kotoran. Bila ini terjadi tentunya akan membuat tidak aliran bensin menjadi tidak lancar sehingga akan mengganggu kinerja dari mesin motor tersebut, misal jalannya motor jadi tersendat-sendat.

Untuk mencegah kemungkinan buruk, maka segeralah isi bensin motor akan habis ketika bensin dalam tangki sudah akan habis. Yang juga tidak kalah pentingnya adalah gunakan bahan bakar yang sesuai mesin yang digunakan.

loading...
Loading...
Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin, Benarkah? | akbar | 4.5