Mitos dan Arti dari Mata Kedutan, Anda Harus Tahu!

Mata kedutan adalah kontraksi otot orbicularis oculi tak terkontrol yang menyebabkan gerakan berulang secara tiba-tiba pada sekitar mata. Mata kedutan bukan merupakan penyakit, namun lebih merupakan dari tanda kemungkinan adanya penyakit serius dalam tubuh.

Di jaman dulu, mata yang berkedut lebih sering dikaitkan dengan kondisi baik dan buruk yang akan terjadi dan dialami oleh seseorang yang mengalami mata kedutan tersebut.

Seseorang yang mengalami getaran dalam intensitas tertentu pada sekitar mata bisa memberikan banyak arti.

Mitos Seputar Arti Kedutan di Sekitar Mata

Boleh percaya dan boleh juga tidak, namun banyak orang yang mengganggap bahwa mata kedutan dapat memberikan arti penting bagi yang mengalaminya. Berikut diantara mitos tentang mata kedutan yang banyak beredar di masyarakat:

1. Kedutan di Alis Mata Sebelah Kanan

Kedutan di alis mata kanan diyakini memiliki arti akan membawa kebahagiaan meski anda harus menempuh hal yang sulit terlebih dahulu.

2. Kedutan di Kelopak Mata Sebelah Kanan

Kedutan di kelopak mata kanan atas menandakan bahwa anda akan memperoleh keberuntungan. Sementara bila kedutan di kelopak mata kanan bawah, itu tandanya akan bersedih.

3. Kedutan pada Ekor Mata Sebelah Kanan

Bila Anda mengalami kedutan pada ekor mata kanan atas, anda diyakini akan sembuh dari penyakit. Sementara bila ekor mata kanan bawah yang mengalami kedutan menandakan anda akan bertemu orang yang jauh.

4. Kedutan di Bola Mata Sebelah Kanan

Kedutan pada bola mata kanan sendiri menandakan bahwa anda akan bersedih.

5. Kedutan di Alis Mata Sebelah Kiri

Kedutan pada alis mata kiri memiliki arti bahwa akan bertemu dengan seseorang. Entah jauh atau dekat.

6. Kedutan di Kelopak Mata Sebelah Kiri

Bila anda mengalami kedutan pada kelopak mata kiri atas, kemungkinan anda akan bertemu dengan orang yang istimewa di hati anda. Kedutan di kelopak kiri bawah artinya kurang menyenangkan karena anda akan bersedih.

7. Kedutan di Ekor Mata Sebelah Kiri

Kedutan pada ekor mata kiri atas menandakan bahwa anda akan bertemu dengan famili jauh dan kedutan yang terjadi pada ekor mata kiri bawah menandakan anda akan sakit.

8. Kedutan di Bola Mata Sebelah Kiri

Bertentangan dengan kedutan pada bola mata kanan, bila mata kiri anda yang berkedut, itu tandanya bahwa anda akan memperoleh kebahagiaan.

Arti Mata yang Kedutan Menurut Medis

Mungkin tidak semua orang percaya akan semua mitos mengenai mata kedutan, dan mungkin anda juga termasuk salah satunya.

Memang, mata kedutan yang secara medis disebut dengan blefarospasme adalah gerakan spontan yang terjadi secara berulang. Meski bukan penyakit, namun bila anda sering mengalami mata kedutan, hal itu bisa saja menandakan adanya penyakit serius dalam tubuh. Misalnya saja kemungkinan adanya penyakit Dystonia, Tourette Syndrome, Multiple Sclerosis dan Bell’s Palsy. Untuk itu, bila anda sering mengalami kedutan maka ada baiknya untuk mengkonsultasikannya dengan dokter.

Secara medis penyebab mata kedutan bisa dikarenakan beberapa hal. Mata kedutan bisa menandakan gejala fisik seperti karena kelelahan, stres maupun alergi. Kekurangan atau kelebihan nutrisi juga bisa membuat mata berkedut. Mata yang lelah dan kering, baik itu dikarenakan bekerja di depan komputer terlalu lama maupun penuaan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kedutan.

loading...
Loading...
kedutan kelopak mata kanan atas tandanya apa

Mitos dan Arti dari Mata Kedutan, Anda Harus Tahu! | akbar | 4.5