Minuman Sehat untuk Penderita Demam Berdarah

Demam berdarah atau DBD adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang luar biasa, seolah-olah terasa sakit hingga ke tulang. Penyebab demam berdarah adalah karena gigitan nyamuk aedes aegypti.

Gejala demam berdarah dengue atau DBD biasanya ditandai dengan demam tinggi dan dalam kegagalan sirkulasi kasus yang parah dan sering dimulai dengan kenaikan suhu mendadak disertai dengan wajah memerah dan gejala seperti flu disertai tanda-tanda pendarahan sekurang-kurangnya kadar trombosit kurang dari 100.000/mm3.

Pada penderita sakit demam berdarah, mereka sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi cairan guna membantu meningkatkan trombosit darah yang menurun. Karena pada orang yang terkena demam berdarah terjadi kebocoran di pembuluh darah sehingga harus diberikan banyak minum untuk mengganti cairan agar trombosit tidak makin turun.

Beberapa jenis minuman sehat untuk penderita demam berdarah DBD yang bisa dikonsumsi untuk membantu meningkatkan trombosit darah antara lain:

1. Jus Jambu Biji

Jus jambu biji kaya akan betakaroten dan juga vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan penderita demam berdarah. Selain itu jus jambu biji atau jambu merah juga dipercaya dapat dengan cepat meningkatkan trombosit darah. Selain dibuat jus, jambu biji juga bisa langsung dimakan ersama kulitnya.

2. Sari buah Kurma

Sari buah kurma dapat dengan cepat menaikkan kadar trombosit dalam tubuh pasien penderita demam berdarah. Karena itu sediakan selalu sari buah kurma saat di keluarga anda ada yang terkena DBD.

3. Jus Kulit Manggis

Ada banyak kandungan gizi dan khasiat di dalam kulit manggis. Salah satu khasiat jus kulit manggis adalah mempercepat pemulihan kondisi saat sakit demam berdarah karena mengandung super antioksidan.

Karena penderita DBD membutuhkan banyak asupan cairan, maka penderita membutuhkan banyak cairan untuk mengganti air dan ion yang keluar dari pembuluh darah akibat mengalami kebocoran pada pembuluh darah kapiler. Jadi selain ketiga jenis minuman seheta di atas, penderta juga bisa mengonsumsi cairan lainnya seperti air kelapa muda, ataupun jus buah lainnya seperti jeruk, pepaya dan mangga.

loading...
Loading...
Minuman Sehat untuk Penderita Demam Berdarah | akbar | 4.5