Minuman Sehat dan Menyegarkan Air Asam Jawa dan Gula Jawa

Luasnya wilayah membuat Indonesia kaya akan bahan pembuat makanan dan minuman. Termasuk diantaranya adalah gula jawa dan asam jawa atau orang jawa biasa menyebutnya dengan nama asem.

Perpaduan gula jawa dan asam jawa ini bisa menghasilkan minuman yang menyegarkan. Tidak hanya menyegarkan, namun juga memberikan banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Salah satu khasiat dari minuman asam jawa dan gula jawa adalah sebagai obat batuk.

Kandungan nutrisi gula jawa seperti zat besi, kalsium, karoten, riboflavin, niacin, laktoflavin, thiamine, ascorbatic acid, nicotinic acid, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, garam mineral, asam folat, dan protein kasar. Selain itu, gula merah atau yang juga dikenal dengan nama gula jawa ini juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir. Jadi, gula jawa baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Di dalam gula merah juga tidak ditemukan kolesterol.

Sementara itu, kandungan yang terdapat pada asam jawa, antara lain asam sitrat, asam tartrat, asam appel, asam suksinat, asam anggur, pectin, gula invert, kalori, protein, kalsium, fosfor, lemak, hidrat arang, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C.

Dengan begitu banyaknya kandungan yang ada dalam asam jawa dan gula jawa, maka jangan heran bila kedua bahan tersebut akan memberikan manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi tubuh kita. Dimana selain menyehatkan, minuman dari asam jawa dan gula jawa akan memberikan kesegaran bagi tubuh, mengobati batuk, melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, dan menghaluskan kulit.

Minuman Kesehatan Wedang Asam Gula Jawa

Sebagaimana yang dikutip dari laman diethealthclub.com, bahwa asam jawa memiliki kandungan utama yaitu acid. Dimana manfaat dari acid ini adalah bisa mengobati batuk, perut tekak, demam, dan perut kembung.

Cara membuat minuman kesehatan dari bahan asam jawa dan gula jawa cukup mudah. Berikut resep cara membuat wedang asam jawa yang salah satunya bisa untuk mengobati batuk:

Bahan:

  • 10 gram daging buah asam jawa
  • Gula merah secukupnya
  • Air panas sebanyak satu gelas.

Cara Meramu:

Seduh daging buah asam jawa dengan segelas air pana. Tambahkan gula jawa secukupnya lalu diaduk. O ya, biar tambah menyehatkan bisa juga ditambahkan 1 sdm madu. Selanjutnya minuman kesehatan ini bisa diminum selagi masih hangat.

Rasanya yang manis asam membuat minuman ini bisa dijadikan sebagai minuman kesegaran yang akan membuat mata kembali terbuka lebar, pikiran lebih tenang dan tubuh lebih fit. Tidak hanya itu saja, khasiat minum asem jawa dan gula jawa dalam bentuk wedang asam gula jawa ini juga bisa membantu melancarkan haid dan mengurangi rasa sakit di perut karena datang bulan.

loading...
Loading...
Manfaat daun balakacida, cara membuat air asam jawa, manfaat asam jawa campur gula merah, manfaat gula asam, instagram tidak bisa menyegarkan kabar berita, manfaat minum gula asem, manfaat asam kawak gula merah, cara menghilangkan kembung pada cucak ijo, artikel bahasa jawa tentang tumbuhan, asem jawa dan gula merah, cara buat air asam jawa, Manfaat wedang asem gula jawa, manfaat seduhan air asam dan gula merah, manfaat minum wedang asem, minum garam dan madu, apa mnftnya wedang asem, khasiat minum wedang asem, khasiat gula jawa dan asam jawa, Kasiat wedang asem, gulah merah asem, Gula merah dan asem, cara membuat minuman asem gula jawa, cara membuat air panas asem jawa, apa yang di maksut air asam jawa, prosedure wedang asem

Minuman Sehat dan Menyegarkan Air Asam Jawa dan Gula Jawa | akbar | 4.5