Michigan Micro Mote, Komputer Mini Bertenaga Cahaya

Google boleh saja melakukan inovasi dengan merilis komputer PC yang memiliki bentuk seperti dongle USB yang memiliki nama Chromebase. Namun jika berbicara mengenai piranti PC yang kecil dengan ukuran seperti biji kacang, Profesor David Blaaw dari Universitas Teknologi Michigan mampu memproduksinya. Komputer mini ini diberi nama Michigan Micro Mote.

David mengatakan bahwa ia bersama tim kecil mereka yang terdiri dari 5 mahasiswa teknik berhasil memproduksi komputer mini kecil. Usaha tersebut mampu membuahkan hasil dimana komputer ini cukup kecil dengan ukuran sebesar kacang polong. Dalam mengembangkan piranti tersebut, Blaauw sendiri juga turut mengembangkan pemakaian baterai yang digunakan untuk komputer mini tersebut. Tenaga pengisi baterai sendiri kabarnya bisa didapatkan dari sinar atau cahaya yang didapatkan dari cahaya sekitarnya.

Penggunaan baterai di PC ini sendiri sekitar 500 pico watt. Dengan hanya memanfaatkan cahaya yang berada di sekitarnya, sudah cukup guna membuat komputer ini bekerja dan beroperasi. Para ilmuwan sendiri memberikan komputer ini dengan prosesor Phoenix untuk pengolah sistem komputasinya.

Komputer ini bekerja dengan cara sederhana dengan mengubah cahaya menjadi energi dan digunakan untuk memroses data serta meneruskannya ke monitor dengan menggunakan frekuensi radio tinggi. Piranti ini bisa digunakan untuk mengambil gambar dan juga mendeskripsikan suhu serta merekam tekanan suhu. Blaauw sendiri saat ini masih memikirkan cara untuk menyambungkan keyboard dan mouse agar lebih simpel dan juga ringkas.

loading...
Loading...
Michigan Micro Mote, Komputer Mini Bertenaga Cahaya | akbar | 4.5