Menu Buka Puasa: Kolak Ubi Ungu dengan Nata de coco

Siapa yang tidak mengenal kolak? Minuman sekaligus makanan ini merupakan salah satu menu favorit saat bulan puasa. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya.

Pada umumnya kolak terbuat dari bahan berupa pisang, gula aren dan ubi jalar atau singkong. Namun demikian tidak ada salahnya bila kita menambahkan bahan lain untuk membuat kolak agar selain lezat dan bergizi, juga mampu menarik minat orang untuk segera mencicipi kelezatannya.

Resep Kolak Ubi Ungu dan Nata de coco

Salah satu kreasi kolak yang bisa dicoba adalah resep kolak ubi ungu dan nata de coco. Tambahan nata de coco pada kolak akan membuat makanan ini semakin menyehatkan. Karena selain rendah kalori, nata de coco juga merupakan sumber dietary fiber alami yang membantu proses pencernaan, mencegah sembelit (konstipasi), serta menjaga kesehatan usus.

Bahan untuk Membuat Kolak Ubi Ungu dan Nata de coco

Berikut adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat kolak ubi ungu dengan nata de coco untuk nantinya dijadikan sebagai menu buka puasa:

  • 300 g ubi ungu
  • 250 g nata de coco
  • 3 sdm oatmeal
  • 500 g air
  • 100 g gula merah
  • 200 ml susu kedelai (pilih no sugar atau less sugar)

Cara Membuat Kolak Ubi Ungu dan Nata de coco

Untuk cara membuat kolak ubi ungun dan nata de coco sangatlah mudah. Berikut adalah tahapan-tahapan dalam membuat kolak ubi ungun dengan nata de coco untuk menu buka puasa:

  1. Cuci bersih lalu kupas ubi ungu. Selanjutnya potong dadu dengan ukuran sekitar 1 cm kemudian direbus hingga matang.
  2. Masukkan nata de coco dan oatmeal. Masak sebentar sambil diaduk.
  3. Masukkan susu kedelai dan aduk-aduk sebentar hingga mendidih.
  4. Angkat dan kolak ubi ungu pun siap untuk dihidangkan sebagai menu untuk buka puasa.

Apabila anda tidak menyukai atau memang tidak menemukan ubi ungu, maka anda bisa menggantinya dengan singkong, ubi merah, atau ubi putih. Sementara untuk susu kedelai bisa anda ganti dengan susu rendah lemak bila menginginkannya.

loading...
Loading...
bacaan niat puasa makan singkong

Menu Buka Puasa: Kolak Ubi Ungu dengan Nata de coco | akbar | 4.5