Mengungkap Rahasia Sehat dibalik Air Mata saat Menangis

Jenis Air Mata dan FungsinyaMenangis merupakan bagian dari sifat manusia yang secara alami akan mengeluarkan air mata. Terdapat beberapa alasan mengapa kita menangis seperti menangis dalam sukacita, karena rasa sakit, bahkan bisa sebagai bentuk meluapkan kemarahan atau rasa bersalah. Tetapi tidak bisa dipungkiri, menangis memang bisa membuat hati merasa jauh lebih baik. Tahukah Anda? Ternyata dibalik rahasia jatuhnya air mata saat menangis terungkap fakta menarik yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu? Simak uraiannya dibawah ini.

Pada saat menangis akan mengalirkan tetasan air mata, dimana air mata itu sendiri dihasilkan oleh kelenjar lacrimal, letaknya berada diantara kelopak mata dan bola mata. Ketika proses menangis sambil mengedipkan mata maka akan membentuk seperti tetesan air, ini juga yang membuat hidung menjadi ingusan atau meler yang terjadi karena beberapa butiran air mata memasuki rongga hidung.

Fakta dibalik air mata yang terungkap saat menangis menyebutkan bahwa wanita lebih sering menangis dibandingkan pria, rata-rata menangis berlangsung selama 6 menit pada wanita dan pada pria antara 2-4 menit saja. Dibawah ini terdapat beberapa jenis air mata yang diproduksi dengan penyebab yang berbeda seperti dilansir dari healthmeup.com.

Air Mata Basal
Jenis air mata ini berfungsi untuk melindungi kornea mata dan menjaganya agar tetap lembab, setiap harinya air mata basal ini selalu hadir karena pada tubuh manusia mampu memproduksi sekitar 5-10 ons, pada air mata ini mengandung protein dan zat-zat lainnya yang bisa menjaga kesehatan mata dan melawan berbagai infeksi pada mata.

Air Mata Refleks
Pada jenis air mata ini memiliki tugas untuk melindungi mata dari iritasi eksternal, misalnya ketika mata terkena debu, asap, perih akibat irisan cabe atau bawang, maka secara reflek air mata ini akan keluar untuk melindungi mata dan meringankan mata dari iritasi tersebut. Air mata ini terbentuk dari hormon kelenjar di kelopak mata.

Air Mata Emosional
Jenis air mata ini mengalir jatuh dari mata ketika seseorang merasa sakit, sedih, terharu, atau tertekan. Air mata ini terbentuk dimulai dari otak, dimana emosi dikendalikan. Sistem endoktrin kemudian diaktifkan untuk melepas hormon ke daerah ocular, sehingga terbentuklah air mata. Selain itu, diyakini bahwa air mata ini juga mengandung protein yang disebut prolactin, yang mana mampu mengontrol produksi ASI bagi ibu menyusui.

loading...
Loading...
Mengungkap Rahasia Sehat dibalik Air Mata saat Menangis | chsa | 4.5