Loading...

Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Melalui Kaki

Kaki merupakan bagian tubuh kita paling bawah. Meski berada paling bawah, namun bukan berarti kondisi kaki bisa diabaikan begitu saja. Karena faktanya, keadaan kaki juga bisa menggambarkan kondisi tubuh secara keseluruhan.

Seperti yang dilansir laman kompas, berikut adalah beberapa kondisi kaki yang bisa menjadi petunjuk adanya gangguan kesehatan dalam tubuh kita:

1. Sakit pada kaki
Bila kaki terasa sakit setelah beraktivitas seharian, perhatikanlah kondisi sepatu. Sebanyak 8 dari 10 wanita mengatakan, sepatu tertentu menyakiti kaki mereka. Namun sakit yang tidak dikarenakan sepatu bertumit tinggi, mungkin diakibatkan pecahan kecil di tulang. Penyebabnya adalah latihan yang terlalu berat, seperti basket atau lari jarak jauh. Selain itu, lemahanya tulang karena osteoporosis juga meningkatkan risiko ini.

2. Kaki bengkak
Bengkak merupakan gangguan temporer yang disebabkan berdiri atau penerbangan yang terlalu lama. Namun kaki yang bengkak dalam waktu lama merupakan tanda adanya masalah pada pembekuan darah dan sistem limfatik. Gangguan ginjal dan tiroid yang kurang aktif, juga bisa menjadi penyebab bengkak.

3. Sakit pada tumit
Penyebab utama sakit pada tumit adalah plantar fasciitis, yaitu peradangan pada ligamen panjang yang melekat pada tulang tumit. Rasa sakit akan lebih terasa ketika bangun tidur dan terjadi tekanan di kaki. Radang sendi, latihan berlebihan, dan sepatu yang tidak cocok menyebabkan sakit pada tumit, misalnya tendonitis. Penyebab lainnya adalah infeksi tulang, tumor, atau tulang pecah.

4. Kaki selalu terasa dingin
Kaki yang selalu dingin disebabkan buruknya peredaran darah yang sering dikaitan dengan merokok, tingginya tekanan darah, dan penyakit jantung. Kerusakan saraf akibat diabetes yang tidak terkontrol juga bisa menyebabkan kaki terasa dingin. Penyebab lainnya adalah hipotiroidisme dan anemia.

5. Sensasi kaki seperti terbakar
Sensasi terbakar merupakan hal yang umum terjadi pada penderita diabetes, dengan kerusakan saraf tepi. Kondisi ini juga bisa diakibatkan kekurangan vitamin B, athlete’s food, penyakit ginjal kronis, buruknya sirkulasi darah di kaki (peripheral arterial disesase), dan hipotroidisme.

6. Kejang kaki
Rasa sakit tiba-tiba pada kaki adalah tanda kejang otot, yang bisa terjadi beberapa menit. Penyebab utamanya adalah kelebihan kerja dan kelemahan otot. Penyebab lain adalah buruknya sirkulasi, dehidrasi, atau ketidakseimbangan potassium, magnesium, kalsium, atau vitamin D dalam tubuh. Perubahan hormon saat hamil atau gangguan tiroid, juga berperan.

7. Rasa gatal
Rasa gatal dan kapalan, merupakan infeksi jamur yang umum terjadi pada pria berusia 20-40 tahun. Reaksi pada zat kimia atau produk perawatan kulit tertentu, bisa menyebabkan gatal, disertai kemerahan dan kering.

8. Jari kaki kemerahan, putih, dan biru
Penyakit Raynaud bisa menyebabkan jari kaki berwarna putih, kebiruan, kemerahan dan kembali ke warna asal. Penyebabnya adalah penyempitan arteri, yang disebut vasopasma. Stres atau perubahan suhu dapat menyebabkan vasopasma, yang biasanya tidak memicu penyakit lain. Penyakit Raynaud juga berhubungan dengan radang sendi, penyakit Sjogren, dan gangguan tiroid.

9. Luka yang tak kunjung sembuh
Luka pada kaki yang tak kunjung sembuh, merupakan tanda utama diabetes. Penyembuhan yang lama juga merupakan tanda buruknya sirkulasi akibat penyakit seperti peripheral artery disesase.

10. Cara jalan diseret
Penyebab perubahan cara jalan adalah kehilangan kemampuan merasakan sensasi pada kaki, yang diakibatkan kerusakan saraf tepi. Kerusakan saraf diakibatkan infeksi, kekurangan vitamin, dan kelebihan alkohol.

Sebenarnya tidak hanya melalui kaki, kondisi kuku juga bisa menggambarkan kesehatan tubuh kita.

loading...
Loading...
foto luka kecil di kaki, Gambar luka kecil di kaki, foto kaki luka kecil

Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Melalui Kaki | lawas | 4.5