Mengenal Virus Ebola

Jenis, Spesies, Gejala, Penyebaran, Pengobatan Ebola Virus DiseaseVirus Ebola pertama kali ditemukan pada 1976, Virus ini telah beberapa menyebar di beberapa bagian di Afrika dan membunuh ribuan orang. Belum ada vaksin yang dapat menyembuhkan. Penyebaran yang cepat membuat penyakit ini menjadi salah satu wabah yang paling menakutkan di dunia.

Saat ini dikenal ada 5 spesies virus Ebola, yaitu Zaire ebolavirus (ZEBOV), Sudan ebolavirus (SUDV), Reston ebolavirus (RESTV) , Taï Forest ebolavirus (TAFV), dan Bundibugyo EbolaVirus (BDBV).

Sumber penularan virus Ebola berasal dari hewan seperti simpanse, gorila, monyet, antelop dan kelelawar buah dan bisa menular ke manusia lewat kontak langsung dengan hewan yang terinveksi. Transmisi penularan virus Ebola yaitu melalui darah, cairan tubuh dan jaringan tubuh.

Salah satu masalah dengan virus Ebola adalah gejalanya yang mirip dengan penyakit dan infeksi lain sehingga menyebabkan sulitnya diidentifikasi yang membuat pasien kadang tidak menyadari bahwa ia sudah terinfeksi virus Ebola. Gejala yang muncul bola terinfeksi virus Ebola yaitu demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri sendi dan otot, tubuh menggigil, lemah dan tak bertenaga, mual dan muntah darah, diare (kotoran berdarah atau berwarna merah), mata merah, ruam di kulit, nyeri dada dan perut serta terjadi pendarahan luar dan dalam (gusi, hidung, mata, dan di sekitar kuku jari).

Untuk mencegah penularan virus Ebola, sebaiknya hindari daerah wabah di Afrika, hindari membeli atau memakan daging binatang liar, sering mencuci tangan, jangan menyentuh mayat yang terinfeksi virus Ebola karena bisa menular, hindari kontak dengan orang yang terinfeksi virus Ebola. Sementara untuk petugas kesehatan, gunakan masker, sarung tangan dan perisai mata.

loading...
Loading...
Mengenal Virus Ebola | chsa | 4.5