Loading...

Mengenal Penyakit Uci-uci

Uci-uci adalah istilah dalam bahasa Jawa yang merujuk pada suatu benjolan yang ada pada bagian tubuh kita, bisa berada di bagian mana saja di bagian tubuh kita. Sebagian masyarakat ada juga yang menyebut uci-uci sebagai daging tumbuh, juga ada yang menyebutnya dengan ganglion.

Gambar Uci-uci atau Ganglion

Uci-uci atau Ganglion


Seperti yang dijelaskan oleh dr. Eleonora Mitaning Christy yang dikutip dari laman meetdoctor.com, istilah uci-uci kemudian dikembangkan artinya menjadi pembesaran kelenjar getah bening. Karena kelenjar getah bening terdapat di hampir semua bagian tubuh, maka pembesarannya dapat terjadi di bagian mana saja. Hanya saja yang paling sering terjadi adalah pembesaran di bagian leher, ketiak, serta lipat paha. Benjolan ini sebenarnya bukanlah termasuk penyakit, melainkan suatu tanda dari adanya penyakit dalam tubuh kita.

Penyebab Munculnya Uci-uci

Di antara beberapa penyebab timbulnya benjolan kelenjar getah bening atau uci-uci tersebut misalnya karena terjadi peradangan, adanya infeksi, atau merupakan tanda dari tumor (jinak maupun ganas). Untuk membedakannya, bisa dilihat dari lama tidaknya proses benjolan membesar. Jika benjolan kelenjar getah bening membesar dalam waktu yang cepat, maka diperkirakan benjolan tersebut merupakan akibat dari peradangan. Selain itu, benjolan yang terjadi akibat peradangan biasanya disertai dengan rasa nyeri dan kemerahan di kulit sekitar benjolan. Dan terkadang, diikuti dengan adanya gangguan fungsi organ tubuh yang terdapat benjolan tersebut.

Sementara itu, Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt., MS, seperti yang dikutip dari nyata.co.id, untuk mencegah hal yang mungkin saja bisa terjadi, penderita sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli penyakit dalam. Hal ini dilakukan untuk menghindari dampak merugikan yang mungkin saja bisa terjadi.

Untuk mengobati uci-uci, sebaiknya jangan minum obat sembarangan tanpa diketahui oleh dokter, termasuk juga obat tradisional. Anda yang menderita uci-uci sebaiknya memperbanyak asupan bahan makanan yang kaya akan kandungan zat antioksidan, termasuk juga jus buah setiap hari yang dibuat dari campuran 1 buah apel, 3 tomat ukuran besar dan 3 wortel ukuran besar. Disarankan juga untuk menghentikan konsumsi daging untuk sementara waktu.

Apabila memang uci-uci dirasa sangat mengganggu, mungkin cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan operasai pembedahan.

image: wahyudikuncoro.blogspot.com

loading...
Loading...
uci uci, penyakit uci uci, cara menghilangkan uci uci, uci-uci, penyebab uci uci, apa itu uci uci, cara menghilangkan uci uci tanpa operasi, uci uci adalah, tips menghilangkan uci uci, penyakit uci-uci, ciri ciri penyakit uci uci, operasi uci uci, benjolan uci uci, uci uci di leher, obat uci uci, uci uci di tangan, Penyakit uci, Cara mengobati Uci Uci, uciuci, cara menghilangkan uci uci di leher, penyebab daging tumbuh, Cara menyembuhkan uci uci, uci uci di kepala, penyebab uci uci pada anak, cara menghilangkan uci uci secara alami, ciri ciri uci uci, uci uci itu apa, cara mengobati uci-uci di kepala, ciri ciri kena uci uci, apa yang menyebabkan penyakit uci uci

Mengenal Penyakit Uci-uci | akbar | 4.5