Loading...

Mengenal Buah Terap, Ciri-ciri dan Juga Manfaatnya

Terap atau yang memiliki nama lain tarap ini masih satu family dengan buah nangka. Buah terap ini memiliki nama latin Artocarpus odoratissimus. Bentuk buah terap sendiri nangka kecil-kecil dengan wangi yang begitu kuat.

Pohon dari buah terap ini terutama ditanam karena buahnya, yang dimakan dalam keadaan segar atau diolah sebagai kue-kue. Buah terap harus segera dimakan dalam beberapa jam setelah dibuka, karena baunya yang harum cepat berkurang dan warnanya dapat berubah karena teroksidasi. Biji buah terap juga dapat dimakan setelah dipanggang atau direbus dengan garam.

Gambar Buah Terap atau Tarap

Buah Terap atau Tarap, Sekilas Bentuknya Seperti Buah Nangka

Ciri-ciri Tanaman atau Pohon Buah Terap

Pohon terap memiliki ketinggian hingga 25 m, batang memiliki diameter sampai 40 cm, keabu-abuan. Rantingnya memiliki bulu-bulu panjang kuning sampai kemerahan. Bentuk buah terap sendiri nangka kecil-kecil dengan wangi yang begitu kuat. Daging buah berwarna keputihan yang mengandung banyak sari buah, manis dan harum sekali, terasa licin lunak dan agak seperti jeli di lidah.

Buah terap memiliki rasa yang lebih enak jika dibandingkan dengan buah nangka. Buah ini memang penyebarannya tergolong tidak luas, karena lebih terkenal di Negara Filipina, kemudian dibudidayakan dan tersebar di Thailand, Brunei, Sabah, Serawak dan juga Kalimantan Timur.

Pada umumnya di Sarawak, pohon terap sering dijumpai di hutan sekunder dengan ketinggian 1000 m dpl, pada tanah liat berpasir. Untuk di Filipina sendiri, buah terap dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang curah hujannya banyak dan jatuhnya merata, pada tanah yang kaya akan lempung, serta baik penyerapannya.

Manfaat Buah Terap

Disebutkan oleh situs pagunpost.com bahwa ada banyak manfaat dari mengonsumsi buah terap. Diantaranya adalah manfaat buah terap bisa meningkatkan stamina dan kemampuan seks, memperbaiki kualitas sperma, melancarkan pencernaan, sumber nutrisi untuk tluang, menyembuhkan sariawan serta mampu mencerahkan kulit dengan cara digunakan sebagai bahan scrub.

Buah terap ini ketika masak sangat segar untuk dimakan atau dapat juga digunakan sebagai campuran kue. Sedangkan buah mudanya dapat dimanfaatkan sebagai sayur. Bijinya juga dapat dimakan dengan cara dibakar atau direbus. Caranya adalah biji yang direbus hampir selama 30 menit dalam air garam ini memiliki rasa yang lebih enak.

loading...
Loading...
Mengenal Buah Terap, Ciri-ciri dan Juga Manfaatnya | akbar | 4.5