Loading...

Mengapa Remaja Sering Berbohong?

Remaja identik dengan berbohong, bisa dirata-ratakan dikatakan seperti itu. Malah pengalaman berkata khususnya bagi orang tua, remaja lebih memilih untuk jujur kepada orang lain terutama teman-teman sebaya mereka ketimbang orang tua mereka. Entah karena ada masalah apa dengan orang tua atau memang si remaja tidak memiliki hubungan yang akrab dan hangat dengan orang tua mereka, banyak remaja sering melakukan tindak kebohongan apakah dalam skala kecil atau besar.

Yang paling parah adalah orang tua tidak menyadari bahwa anak remaja mereka sering berbohong kepada mereka. Kemudian ketika masalah menjadi besar, barulah orang tua terkejut dan mengatakan: “Kok bisa anakku seperti itu?”

1. 80% Remaja Sering Berbohong kepada orang Tua Mereka

Fakta mengejutkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Josephson Institute of Ethics pada 40.000 siswa-siswi sekolah menengah tingkat atas di Amerika Serikat yang baru-baru ini diberitakan oleh hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% remaja pernah berbohong tentang sesuatu yang penting dan berhak dan harus diketahui orang tua mereka. Padahal dalam penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa anak-anak remaja tahu dan percaya bahwa orang tua mereka sebenarnya ingin mendengarkan kejujuran dari anak remaja mereka.

Beberapa alasan remaja melakukan kebohongan kepada orang tua mereka ternyata bukan karena niat jahat untuk menyakiti orang tua.

– Remaja berbohong kepada orang tua karena orang tua kurang peduli kepada keadaan sang remaja.
– Remaja sangat peduli terhadap apa yang orang tua mereka pikirkan. Oleh karena itu, banyak remaja memilih untuk berbohong supaya tidak menyakiti dan mengecewakan hati orang tua.

2. Berbohong Akan Berbahaya ke Depannya

Ya, kebiasaan berbohong ini dapat berakibat buruk kepada anak remaja itu sendiri. Tahukah Anda ada 1 dari 3 remaja laki-laki dan 1 dari 4 remaja perempuan pernah mengutil di toko, 21% anak remaja pernah mencuri sesuatu milik orang tua mereka dan 18% anak remaja pernah mencuri barang milik teman mereka sendiri.

Selain hal-hal tersebut, banyak remaja yang menganggap kebiasaan menyontek ketika ujian dan menyimpang kunci jawaban ketika ujian adalah hal yang berterima. Mereka menganggap berbohong seperti itu masih dalam tahap yang wajar. Kalau kebiasaan berbohong ini dibiarkan terus-terusan diadopsi oleh para remaja, bukan tidak mungkin tingkat kebohongan akan semakin besar. Hal ini juga berdampak kepada sikap mental anak remaja hingga seumur hidupnya.

3. Peran Orang Tua Membantu Remaja

Ya, para orang tua harus mampu menanggulangi situasi ini. Bagaimanapun juga bukankah lebih baik mendengar kebenaran walaupun pahit daripada mendengarkan dan menerima cerita manis yang sebenarnya dibalut dengan kain kebohongan?

Lagi Anda membantu anak-anak Anda untuk memiliki sikap yang benar yang berguna bagi masa depan mereka. Bagaimana caranya supaya bisa mengayomi anak remaja dan mendidik mereka menjadi anak yang jujur?

– Berilah teladan dalam hal kejujuran. Orang tua tidak boleh sekalipun untuk berbohong di depan anak sejak dini. Dengan melakukannya, orang tua sama saja mengizinkan anak-anak menirunya dan menganggap berbohong adalah hal yang sah saja.

– Jangan menoleransi kebohongan anak remaja kepada siapapun. Ketika seorang anak remaja berbohong kepada seseorang ntah orang lain atau orang tua sendiri, jangan pernah menoleransinya. Buatlah peraturan yang jelas dan apa konsekuensi jika dilanggar kemudian jalankan!

– Buat anak remaja senyaman mungkin. Orang tua harus mampu berperan sebagai ‘teman curhat’ mereka jika orang tua tidak ingin anak remaja mereka lebih terbuka kepada teman-teman sebaya mereka. Kalau orang tua langsung bereaksi marah ketika anak remaja mereka melakukan kesalahan / gagal, hal ini hanya akan membuat anak remaja menutupi segala kesalahan dan menunjukkan sisi baik mereka saja.

– Jangan disebarkan. Orang tua pastinya tidak ingin jika ada privasi dalam kehidupannya disebarkan, nah begitu juga para remaja. Remaja pun tidak suka jika kesalahan mereka dibuka ke hadapan umum. Hal ini pun termasuk untuk tidak menasehati keras anak remaja di hadapan anggota keluarga lainnya.

loading...
Loading...
gambar wanita tidak memakai apa apa, cara mengajak kencan istri orang, gambar orang menstruasi, foto orang kecelakaan ringan, manfaat ewean, gambar orang mencret, Gambar Menstruasi, gambar orang di perban, gambar berpelukan, foto orang memakai softex, gambar softex, gambar orang haid, dp bbm dijodohkan, hukum memberi harapan palsu, foto remaja hamil, foto orang melahirkan, gambar orang mens, Gambar orang sembelit, mengapa pada musim hujan orang merasa kedinginan, bokeb orang tua dan anak, cara ngediamin orang ngorok, bokeb anak dan orang tua

Mengapa Remaja Sering Berbohong? | akbar | 4.5