Membuat Sendiri Jamu Beras Kencur untuk Mengobati Pegal Linu

Jamu beras kencur merupakan salah satu jenis minuman jamu tradisional yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jamu beras kencur punya manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah bisa membantu mengatasi masalah pegal linu.

Jamu beras kencur sangat mudah kita temukan karena ini biasanya merupakan salah satu jenis jamu yang selalu dibawa oleh ibu atau mbak penjual jamu gendong keliling. Namun karena banyak peminatnya, maka tak jarang jamu beras kencur sudah habis saat penjual jamu mampir ke tempat kita.

Daripada kita terus menerus kecewa karena tidak kebagian jamu beras kencur, tidak ada salahnya bila kita coba membuat sendiri jamu beras kencur di rumah. Cara membuat jamu beras kencur sangalah mudah. Berikut adalah salah satu resep cara membuat jamu beras kencur.

Bahan untuk Membuat Jamu Beras Kencur

Untuk membuat jamu beras kencur, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Beberapa diantaranya adalah:

  • 500 gram kencur, kupas, dan cuci samapi bersih
  • 250 gram beras
  • 250 gram gula pasir
  • 100 gram gula merah
  • 1,5 liter air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • Sedikit cengkeh
  • Sedikit kayu manis

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Setelah semua bahan di atas tersedia, selanjutnya adalah proses atau cara membuat jamu beras kencur. Untuk membuat jamu beras kencur, berikut adalah yang harus dilakukan:

  1. Rendam beras selama sekira 2 jam, lalu tiriskan.
  2. Sangrai (goreng tanpa minyak) beras hingga mengering, angkat, lalu haluskan.
  3. Kupas kencur, lalu diparut atau diblender hingga lembut.
  4. Selanjutnya adalah campur semua bahan seperti beras, kencur, cengkeh & kayu manis. Rebus sampai mendidih, angkat, saring, beri sedikit garam.
  5. Rebus air bersama gula pasir, gula merah, dan garam hingga mendidih, angkat, saring.
  6. Tuang cairan gula ke air beras kencur. Aduk rata.
  7. Apabila ingin diminum, kucuri sedikit air jeruk nipis (sesuai selera) dan aduk rata lalu sajikan.

Selain bisa untuk mengobati pegal linu, manfat jamu beras kencur juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan vitalitas, mengurangi rasa nyeri dan juga bisa melangsingkan tubuh. Juga masih banyak manfaat lain dari jamu beras kencur.

loading...
About these ads

Loading...
Membuat Sendiri Jamu Beras Kencur untuk Mengobati Pegal Linu | akbar | 4.5
jamu pegel linu, jamu pegal linu, cara membuat beras kencur, cara membuat jamu beras kencur, resep beras kencur, jamu pegal linu tradisional, resep jamu tradisional, resep jamu beras kencur, cara membuat jamu, ramuan pegal linu, cara buat jamu beras kencur, cara membuat jamu tradisional, Cara membuat jebakan cicak, cara buat beras kencur, resep jamu, Resep jamu pegaL linu, ramuan tradisional untuk pegal linu, jamu beras kencur, cara membuat jamu beras kencur sendiri, cara bikin beras kencur, Ramuan pegel linu, ramuan tradisional untuk pegal pegal, jamu pegal pegal, Jamu tradisional pegel linu, jamu pegel linu alami, jamu untuk pegal linu, jamu pegal, Jamu pegel apa obat nya, jamu untuk badan pegal, ramuan jamu pegal linu