Masalah / Gangguan yang Sering Muncul Saat Hamil

Bisa hamil kemudian melahirkan tentunya adalah impian setiap wanita dan calon ibu.

Tidak ada salahnya memang Anda membayangkan masa yang sangat indah, saat hadirnya janin atau bayi dalam perut Anda. Namun Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa gangguan yang biasanya muncul dan dialami oleh ibu hamil. Berikut adalah beberapa permasalahan terkait kesehatan yang sering dialami ada masa kehamilan.

  • Mual dan muntah merupakan gejala yang biasa muncul saat awal-awal kehamilan, ini biasanya disebut dengan morning sickness. Tapi bisa jadi seorang ibu mengalaminya secara berlebihan, yang disebut hiperemesis gravidarum yang bisa membuat janin kekurangan gizi. (baca infonya di sini)
  • Gatal di perut juga biasa dialami oleh ibu hamil. Selain di perut, area tubuh munculnya gatal saat hamil adalah di daerah leher, tangan, dan kaki. Ada yang gatal ringan, namun ada juga yang sampai menimbulkan ruam dan guratan merah. (baca infonya di sini)
  • Ambeien atau wasir. Pada ibu hamil, ini terjadi karena akibat adanya pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (balik) di anus atau rektum. (baca infonya di sini)
  • Perdarahan. Perdarahan memang bisa terjadi kapan pun sepanjang kehamilan. Perdarahan ketika hamil, tentunya membuat ibu cemas, walaupun belum tentu itu adalah gejala keguguran.
  • Sakit pinggang dan punggung. Terjadi karena bertambahnya beban yang harus dibawa yang meningkatkan stres pada sendi atau karena rahim yang tumbuh besar yang bisa menekan saraf. (baca infonya di sini)
  • Sering kencing. Penyebabnya adalah karena kandung kemih yang terletak di atas rahim juga ikut berubah. Secara mekanik kandung kemih akan semakin tertekan oleh rahim yang membesar sehingga kapasitasnya berkurang. (baca infonya di sini)
  • Darah tinggi. Hipertensi dalam kehamilan disebut preeklampsia. Preeklampsia bisa ringan, bisa juga berat. Dikatakan ringan jika tekanan darah kurang dari 140/90 mmHg, sedangkan preeklampsia berat bisa tekanan darah mencapai angka kurang atau sama dengan 160/110 mmHg.

Itulah beberapa masalah dan gangguan yang biasanya muncul pada ibu yang sedang hamil. Calon ibu hamil tidak perlu takut, selama Anda tahu gejala dan cara mengatasinya, kehamilan adalah hal yang menyenangkan kok… 😀

loading...
Loading...
masalah sering muncul saat hamil, Masalah yg muncul saat hamil tua

Masalah / Gangguan yang Sering Muncul Saat Hamil | chsa | 4.5