Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Ibu hamil kadang sangat sensitif terhadap makanan tertentu. Padahal kita tahu kalau ibu hamil sangat membutuhkan makanan bergizi untuk membantu tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungannya.

Susu kedelai bisa menjadi alternatif untuk ibu hamil yang kurang menyukai susu sapi atau jenis susu lainnya. Pasalnya, kandungan gizi yang ada pada susu kedelai tidak kalah jauh dengan susu sapi. Seperti yang dikutip dari melindahospital, susu kedelai mempunyai banyak kandungan gizi dan manfaat untuk ibu hamil, di antaranya :

Asam folat. Bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel syaraf pada janin dan sangat diperlukan dalam mempersiapkan kehamilan serta kehamilan trisemester 1.

Isoflavon. Bermanfaat untuk mempercepat metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh dan struktur matriks tulang, serta meningkatkan fungsi kognitif.

Lemak nabati. Bermanfaat sebagai cadangan lemak yang baik untuk tubuh ibu hamil serta janinnya.

Karbohidrat. Menjadi sumber energi untuk tubuh.

Kalsium. Pada masa kehamilan, kalsium sangat berperan penting karena membantu pertumbuhan tulang janin.

Protein. Bermanfaat untuk memperbaiki jaringan yang rusak, tumbuh-kembang janin, mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin, memelihara fungsi orang-organ pada ibu hamil dan menambah ketahanan tubuh.

Serat. Susu kedelai mengandung serat yang berguna unuk kelancaran sistem pencernaan dalam tubuh. Ibu hamil rentan mengalami konstipasi sehingga mengonsumsi susu kedelai dapat memperlancar sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan tidak lancar, akan mempengaruhi metabolisme tubuh dan zat-zat gizi ibu hamil yang akhirnya berakibat langsung pada perkembangan janin.

Vitamin A. Karoten yang menjadi bahan dasar vitamin A dan terkandung dalam biji kedelai bermanfaat bagi indera penglihatan. Karoten pun baik bagi pertumbuhan tulang pada janin.

Vitamin B. Susu kedelai mengandung vitamin B1 (thiamine) yang berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh sehingga menghasilkan energi untuk beraktivitas. Susu kedelai pun mengandung vitamin B2 (flavin).

Vitamin E. Bermanfaat untuk mencegah keguguran, meningkatkan kesuburan, meningkatkan produksi air susu, sebagai antioksidan, dan menghindari penyakit jantung.

loading...
Loading...
Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil | chsa | 4.5