Manfaat Serai untuk Pengganti Obat Nyamuk

Manfaat serai diantaranya adalah dapat digunakan sebagai bumbu masak, minyak wangi, bahan pencampur jamu, dan juga dapat dibuat minyak astiri. Selain itu, serai ternyata juga bisa digunakan sebagai ramuan pengusir nyamuk.

Serai mengandung senyawa berbentuk padat dan berbau khas. Minyak atsiri yang merupakan produksi serai, terdiri dari berbagai senyawa seperti sitral, sitronela, geraniol, mirsena, nerol, farsenol methil heptenon, dan dipentena.

Salah satu senyawa yang dapat membunuh nyamuk adalah sitronela. Sitronela memunyai sifat racun (desiscant), menurut cara kerjanya racun ini seperti racun kontak yang dapat memberikan kematian karena kehilangan cairan secara terus-menerus, sehingga tubuh nyamuk kekurangan cairan.

Untuk mengusir nyamuk, daun dan batang serai sebanyak 1 kg, dicuci lalu ditiriskan sampai kering dan dihaluskan dengan blender. Hasil blenderan kemudian dilarutkan ke dalam air sebanyak 250 ml dan direndam selama 1 malam. Rendaman tersebut lalu disaring, hasilnya disimpan dalam botol dan diencerkan dengan aquadest.

Bahan inilah yang nanti digunakan dalam penyemprotan nyamuk dengan konsentrasi senyawa kimia yang cukup rendah dan alamiah. Di samping tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar, bahan ini bisa dibuat dengan cara yang sederhana dan banyaknya cairan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan.

loading...
Loading...
cara mengusir nyamuk dengan sereh, cara mengusir nyamuk dengan serai, tanaman serai untuk membunuh nyamuk, serai pengusir nyamuk, sereh untuk mengusir nyamuk, minyak serai pengusir nyamuk, pengganti serai, kelebihan minyak serai untuk nyamuk, bikin obat nyamuk pake serai, serai usir nyamuk, serai untuk membunuh nyamuk, cara ngusir nyamuk dengan sereh, senyawa pembunuh nyamuk pada sereh, obat nyamuk alami dari sere, jurnal pembuatan anti nyamuk serai, manfaat serei untuk penangkal nyamuk, anti nyamuk serai

Manfaat Serai untuk Pengganti Obat Nyamuk | chsa | 4.5