Manfaat Sayur Pare dan Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pare

Karena rasanya yang pahit itulah mungkin yang menyebabkan banyak orang tidak suka untuk mengonsumsi sayur pare. Padalah, ada cukup banyak kandungan nutrisi dalam sayur pare yang memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Sayur Pare

Beberapa kandungan nutrisi dalam sayur pare misalnya adalah momordisin, saponin, dan alkaloid, yang berguna bagi tubuh. Dalam setiap 100 gram pare, terkandungan cukup banyak nutrisi penting bagi tubuh. Dari bagian pare yang bisa dikonsumsi sebanyak 77 %, terkandung energi 34 kkal, protein 1.1 g, lemak 0.3 g, karbohidrat 6.8 g, kalsium 45 mg, fosfor 64 mg, besi 1.4 g, retinol 54 mcg, thiamine 0.08 mg, dan asam askorbat 52 mg.

Manfaat Pare untuk Mengobati Radang

Salah satu manfaat pare untuk kesehatan tubuh adalah sebagai antiradang. Manfaat per lainnya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi cacing di saluran cerna, sebagai obat luka, dan menghambat sel kanker. Semua bagian dari pare bisa digunakan sebagai obat, baik itu biji, buah, bunga, daun, maupun akarnya.

Salah satu cara memanfaatkan pare sebagai obat adalah dengan mengonsumsi bubuk biji pare. Yaitu dengan meminum bubuk biji pare 2-3 kali sehari.

loading...

Caranya, biji pare yang sudah bersih disangrai sampai kuning kehitaman, lalu ditumbuk menjadi bubuk halus. Sebanyak 10-20 gram bisa dilarutkan dengan air matang secukupnya, ditambah madu, lantas diminum, 2-3 kali sehari.

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Sayur Pare

Pare biasa juga dikonsumsi dengan cara dimasak menjadi sayur. Namun karena rasanya pahit, seringkali membuat banyak orang tidak menyukainya. Padahal, dengan sedikit trik ada cara untuk mengurangi rasa pahit dari sayur pare ini.

Di pasaran sendiri ada dua jenis pare di pasaran. Pare yang berwarna hijau biasanya tidak begitu pahit bila dibandingkan dengan pare yang berwarna putih.

Nah, untuk cara mengurangi rasa pahit pare, saat mau dimasak terlebih dahulu pare dipotong atau diiris-iris sesuai kebutuhan resep, remas-remas dengan garam hingga pare terasa layu di tangan. Selanjutnya potongan sayur pare dicuci sampai bersihlalu ditiriskan. Baru setelah itu pare bisa diolah lebih lanjut sesuai keinginan.

loading...
Loading...
cara menghilangkan warr, khasiat akar pahit

Manfaat Sayur Pare dan Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pare | akbar | 4.5