Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan

Kangkung, sayuran murah meriah ini cukup banyak digemari masyarakat. Selain harganya yang murah, kangkung juga bisa dijadikan sebagai hidangan yang lezat. Contoh olahan sayur kangkung yang cukup populer adalah plencing kangkung, tumis kangsung dan cah kangkung.

Dibalik harganya yang murah, manfaat kangkung ternyata sangatlah luar biasa. Ini karena kangkung kaya akan kandungan nutrisi didalamnya. Kandungan sayur kangkung diantaranya adalah berupa energi 29 kkal, protein 3 gr, lemak 0,3 gr, karbohidrat 5,4 gr, kalsium 73 mg, fosfor 50 mg, zat besi 3 mg, vitamin A 6300 IU, vitamin B1 0,07 mg dan vitamin C sebanyak 32 mg dalam setiap 100 gram-nya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari mengonsumsi sayur kangkung bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Menurunkan kolesterol

Menurut hasil penelitian, seseorang yang makan sayur kangkung bisa membantu menurunkan kolesterol. Dengan turunnya kolesterol, maka ini adalah cara yang baik untuk mencegah serangan jantung dan stroke yang merupakan penyakit berbahaya yang banyak diderita orang-orang modern masa kini.

Baik untuk mata

Mengonsumsi kangkung juga sangat baik untuk mata karena di dalamnya terkandung vitamin A dan beta-karoten.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Karena kaya akan kandungan vitamin C, maka kangsung juga bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Terlebih lagi disaat musim hujan seperti sekarang ini dimana kangsung bisa menjadi sayuran ajaib yang akan menjaga kesehatan tubuh anda dan keluarga.

Mengobati penyakit kurap

Perlu diketahui bahwa di dalam kangkung juga terkandung zat bernama antihelminitic yang fungsinya adalah bisa membantu seseorang mengobati penyakit kurap yang menyerang kulit penderitanya.

Jadi ibu-ibu, tidak ada salahnya bila di akhir pekan ini anda menghidangkan sayur kangkung yang kaya akan kandungan nutrisi dan juga manfaat bagi keluarga anda.

loading...
Loading...
Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan | akbar | 4.5