Manfaat Sayur Brokoli, Bisa untuk Mengobati Sakit Asma

Brokoli adalah jenis sayuran yang masuk dalam suku kubis-kubisan. Bentuknya mirip dengan kembang kol. Namun yang menjadi ciri pembedanya adalah bahwa brokoli berwarna hijau, sementara kembang kol berwarna putih.

Manfaat Brokoli

Manfaat brokoli terbukti sangat banyak, diantaranya untuk kesehatan mata dan syaraf dan ikut mengurangi tekanan darah. Selain itu, adanya kandungan kalsium serta vitamin K yang tinggi membuat sayur brokoli juga sangat baik untuk kesehatan tulang. Hal menarik lain dari sayuran hijau ini adalah manfaat sayur brokoli untuk kesehatan kulit juga cukup besar.

Sebuah penelitian di Melbourne, Australia mengklaim bahwa konsumsi brokoli setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

Sebagaimana yang dilaporkan Dailymail, Senin (30/6/2014), peneliti menemukan adanya kandungan sulforaphane alami di dalam brokoli yang dapat melindungi tubuh dari radang pernafasan yang dapat menyebabkan asma. Penelitian ini didasari oleh terus meningkatnya penderita asma di Australia.

“Makan brokoli kukus setiap hari, bisa menjadi obat bagi penderita asma. Brokoli kaya akan vitamin A dan C, vitamin B-6 dan mengandung zat besi, kalsium dan serat makanan. Sayuran ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik,” tulis peneliti.

Selain brokoli, peneliti juga menemukan bahwa sayuran lain dari keluarga cruciferous, termasuk kubis, kecambah, kembang kol dan bok choy juga bisa memperbaiki fungsi paru-paru.

loading...
Loading...
perbedaan brokoli putih dan hijau, ciri-ciri brokoli, ciriciri brokoli, serat kulit elai

Manfaat Sayur Brokoli, Bisa untuk Mengobati Sakit Asma | akbar | 4.5