Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh

Seseorang diwajibkan untuk tidak makan dan ataupun minum saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, yaitu mulai dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Bila selama ini anda hanya berpuasa sekedar untuk menjalankan dan menggugurkan kewajiban, maka ada baiknya mulai sekarang untuk mengubah niat tersebut. Karena dalam berpuasa, tersimpan banyak manfaat bagi tubuh terkait kesehatan.

Ya, berpuasa selama bulan Ramadhan akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Dimana dengan berpuasa tidak hanya sebagai ajang pembelajaran untuk dapat menjadi lebih peka terhadap sesama, namun juga akan ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dalam hal kesehatan kesehatan tubuh.

1. Mencegah kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan tidak baik seperti merokok dan juga makan makanan manis secara berlebihan dapat dikurangi. Dengan tidak memanjakan diri dengan kebiasaan buruk tersebut, maka setelah bulan Ramadhan anda akan terbiasa hidup sehat.

2. Penurunan nafsu makan

Salah satu efek yang paling mudah terlihat setelah berpuasa Ramadhan adalah berat badan yang menurun. Hal ini karena jumlah makanan yang dikonsumsi saat berpuasa menyebabkan lemak perut menyusut secara bertahap.

Anda pun bisa menjadikan Ramadhan sebagai awal untuk membiasakan diri makan sehat serta mengurangi nafsu makan berlebihan.

3. Menyerap lebih banyak nutrisi

Metabolisme tubuh akan menjadi lebih efisien dengan tidak makan sepanjang hari selama bulan Ramadhan. Ini artinya jumlah nutrisi yang diserap dari makanan menjadi lebih banyak.

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon yang disebut adiponectin yang memungkinkan otot-otot untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Ini akan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan.

4. Menurunkan kolesterol

Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan menikmati efek positif pada lipid mereka, artinya terjadi pengurangan kolesterol dalam darah. Demikian menurut kajian oleh sebuah tim ahli jantung di UAE

Rendah kolesterol meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko menderita penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Apalagi bila anda mengikuti diet sehat setelah Ramadhan, maka kadar kolesterol akan mudah untuk dikontrol.

5. Detoksifikasi

Ramadhan juga bisa menjadi waktu proses detoksifikasi fantastis bagi tubuh anda. Karena dengan tidak makan dan minum sampai waktu tertentu, maka tubuh akan berkesempatan untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan sepanjang bulan Ramadhan.

Ketika tubuh mulai makan, maka akan menjadi cadangan lemak untuk menghasilkan energi dan membakar setiap racun berbahaya dalam timbunan lemak. Cara ini merupakan batu loncatan sempurna untuk gaya hidup sehat.

6. Meningkatkan kecerdasan otak

Selain baik untuk kesehatan mental dan spiritual, efek positif berpuasa yang juga tidak diragukan lagi adalah meningkatnya kekuatan otak. Fokus mental saat Ramadhan meningkatkan neurotropik dari otak, demikian hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat. Hal ini akan menghasilkan sel-sel otak lebih banyak, sehingga meningkatkan fungsi otak.

Tidak hanya itu saja, karena berpuasa di bulan Ramanda juga akan menurunkan hormon kortisol yang diproduksi kelenjar adrenalin, sehingga mengurangi stres selama dan setelah Ramadhan.

Itulah beberapa manfaat dari berpuasa di bulan Ramadhan terkait kesehatan tubuh yang akan diperoleh. Semoga dengan adanya informasi ini akan memberikan tambahan semangat bagi kita semua untuk berpuasa di bulan Ramadhan yang penuh barokah ini.

loading...
Loading...
Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh | akbar | 4.5