Loading...

4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Ketahui

Meski puasa di bulan suci Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap umat muslim, namun tetap saja ada yang mengabaikannya dan tidak ikut berpuasa.

Padahal bila ia mengetahuinya, maka akan ada banyak sekali manfaat yang akan ia peroleh dari berpuasa tersebut. Selain akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, puasa juga akan memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Sudah ada banyak penelitian tentang manfaat puasa bagi kesehatan yang sudah dilakukan oleh para ilmuwan, dan hasilnya memang cukup mengejutkan. Bahkan hasil dari hasil temuan terbaru diketahui bahwa puasa berkepanjangan bisa mengaktifkan stem cell berbasis sel darah untuk perbaikan tubuh.

Sebagaimana dikutip dari laman Medindia, berikut ini adalah beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh :

1. Detoksifikasi
Berbagai macam racun oleh tubuh dalam proses ini akan dihilangkan melalui organ-organ, seperti usus, liver, paru-paru, atau kulit. Selama proses berpuasa, darah terisi dengan hormon endorfin, yang membuat Anda lebih fokus dan sehat secara mental.

2. Pengobatan sendiri

Berpuasa bisa menjadi cara bagi tubuh untuk mengobati dirinya sendiri. Saat tubuh dalam mode beristirahat, tubuh akan lebih fokus ke fungsi vital seperti aktivitas metabolik dan kekebalan tubuh, daripada sistem pencernaan. Kondisi ini mendukung produksi sel dan jaringan yang lebih sehat.

3. Menurunkan berat badan

Berpuasa akan memicu enzim liver untuk memecah lemak dan kolesterol menjadi asam empedu, yang bisa menstimulasi metabolisme, dan mengubah lemak berlebih menjadi panas. Berpuasa bisa menjadi cara terpasti dan tersederhana untuk memangkas lemak berlebih dengan sedikit efek samping.

4. Kesehatan pikiran dan mental

Saat kita berpuasa, energi akan dilepaskan untuk membersihkan sistem tubuh kita. Saat racun dikeluarkan dari sel-sel otak, maka fungsi berpikir otak kita otomatis akan meningkat dan kemampuan spiritual pun bisa meningkat. Tingkat depresi bisa menurun, mengobati insomnia, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, dan kekuatan intuisi.

Itulah beberapa dari sekian banyak manfaat berpuasa bagi kesehatan di bulan Ramadhan. Semoga dapat memberikan manfaat dan mampu membangkitkan semangat anda untuk terus berpuasa hingga sebulan penuh.

loading...
Loading...
kandungan tempe bagi keuangan, manfaat hewan walang sangit

4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Ketahui | akbar | 4.5