Manfaat Olahraga Joging untuk Kesehatan Tubuh

Joging atau berlari dengan lambat ternyata memiliki fungsi yang jauh lebih menyehatkan dan juga lebih baik jika dibanding dengan sering berlari cepat. Menurut penelitian yang dilakukan di Denmark, joging ternyata juga bisa memperpanjang usia hidup. Sementara jika terlalu sering berlari cepat ternyata bisa membahayakan tubuh.

Peneliti sendiri melakukan penelitian sekitar 1.000 orang yang gemar berlari dalam rentang usia 20 hingga 86 tahun dan juga sekitar 400 orang yang tidak terlalu sering berjoging namun dalam keadaan sehat. Hasil analisis sendiri menampilkan bahwa setiap orang yang melakukan joging ternyata memiliki waktu hidup dan usia yang lebih panjang dibanding yang tidak pernah.

Peneliti menjelaskan bahwa dengan melakukan joging sekitar menempuh jarak sekitar 8 km per jam selama beberapa kali dalam waktu seminggu serta total waktu berlari minimal 2,5 jam dalam waktu seminggu, ternyata memiliki usia yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan yang tidak berolah raga dan melakukan lari cepat.

Menurut penelitian tersebut, olahraga berat ternyata harus dikondisikan dengan tubuh. Jika tujuan awalnya berolah raga untuk memanjangkan usia anda, jogging selama beberapa kali dalam seminggu merupakan olah raga yang tepat. Olahraga berat ternyata bisa membahayakan kondisi jantung anda.

loading...

Ternyata dengan berlari lambat seperti pelari maraton ternyata bisa memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan jantung. Namun tentu saja harus mewaspadai peningkatan risiko kematian yang memang bisa saja terjadi. Terutama berkaitan dengan jantung.

loading...
Loading...
joging, manfaat lari lambat, penelitian saat joging

Manfaat Olahraga Joging untuk Kesehatan Tubuh | akbar | 4.5