Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Dapat Melancarkan BAB

Minum kopi di pagi hari akan membuat tubuh menjadi segar dan bergairah. Hal itu akan memberikan efek baik terhadap aktivitas anda di hari tersebut.

Sayangnya, minum kopi di pagi hari seringkali menyebabkan perut menjadi mulas. Hal ini bisa menjadi efek samping sekaligus manfaat bagi orang yang minum kopi.

Adapun manfaat dari perut mulas setelah minum kopi tentu saja akan membuat anda yang selama ini bermasalah dengan susah buang air besar (BAB) menjadi teratasi saat itu juga. Namun akan menjadi hal yang buruk ketika perut terasa mulas sementara anda harus segera berangkat ke kantor.

Efek minum kopi di pagi hari akan menyebabkan perut mulas ternyata ada penjelasan medis-nya.

Penjelasan Medis Kenapa Setelah Minum Kopi Perut Terasa Mulas

Dikatakan oleh Satish Rao, M.D., Ph.D., ahli kesehatan di Georgia Regents University, kopi pada dasarnya dapat meningkatkan kontraksi di usus, yang artinya, kopi akan memicu tinja berjalan lebih cepat menuju rektum.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah Rao dan timnya meneliti 12 orang sekitar dua dekade lalu. Dalam penelitiannya, partisipan diminta untuk mengkonsumsi minuman berkafein selama kurang-lebih 10 jam.

Terkait perut mulas setelah minum kopi, beberapa ilmuwan juga punya teori lain. Sebagaimana yang dilansir situs Menshealth, kopi diklaim bisa memicu pelepasan gastrin yang pada akhirnya menyebabkan sekresi asam di dalam perut. Dan bila hal itu terjadi, tinja pun akan keluar lebih cepat.

Bila anda tidak menyukai efek minum kopi di pagi hari bikin perut mulas, maka anda bisa mencegah hal tersebut. Anda bisa mencegah mulas saat beraktivitas, yaitu dengan cara minum kopi setidaknya dua jam setelah bangun pagi. Hal itu akan memberikan waktu bagi usus untuk menenangkan diri.

loading...
Loading...
apa arti healt, apa minum kopi bisa menenangkan, manfaat kopi nangka, manfaat kopi untuk bab

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Dapat Melancarkan BAB | akbar | 4.5