Manfaat Mengonsumsi Makanan yang Pedas untuk Kesehatan

Sambal merupakan salah satu pelengkap dalam makanan yang berguna untuk menambah ekstra pedas suatu makanan. Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa makan tanpa sambal bagai sayur tanpa garam. Hambar rasanya.

Salah satu bumbu pemberi rasa pedas dari makanan adalah cabai. Efek pedas dari cabai memang bisa membuat selera makan seseorang meningkat. Namun tidak hanya itu saja manfaat dari cabai. Dibalik rasanya yang pedas, ada segudang manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi cabai.

Manfaat Cabai untuk Kesehatan

Cabai biasa digunakan dalam campuran masakan untuk mendapatkan cita rasa pedas. Cabai juga biasa dibuat menjadi sambal. Selain itu, beberapa orang juga menyukia untuk memakan cabai langsung sebagai pendamping makan gorengan.

Dibalik rasa pedas cabai, ada segudang manfaat cabai bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Baik untuk kesehatan mata

Ada kandungan vitamin A yang ada di dalam cabai. Adapun manfaat dari vitamin A terutama adalah baik untuk kesehatan mata, gigi, kulit, dan juga tulang.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Dengan mengonsumsi cabai maka akan mampu menstimulasi produksi air liur, keringat, serta meredakan sakit tenggorokan, membunuh bakteri, serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Menghindari kanker usus besar

Adanya kandungan asam folat, beta karoten, serta vitamin C di dalam cabai dipercaya mampu meminimalkan kemungkinan kanker usus besar.

4. Mengontrol kolesterol

Adanya kandungan berupa enyawa beta karoten dapat menjaga kadar kolesterol anda dan melindungi jantung dari berbagai macam penyakit.

Walaupun mengonsumsi makanan pedas terasa nikmat di lidah dan mendatangkan banyak manfaat, namun pastikan untuk mengontrolnya. Pasalnya, mengonsumsi makanan pedas dengan tingkat kepedasan tinggi serta berlebihan akan mengganggu sistem pencernaan serta mengganggu tingkat sensitivitas indra perasa, yaitu lidah.

loading...
Loading...
Manfaat Mengonsumsi Makanan yang Pedas untuk Kesehatan | akbar | 4.5