Manfaat Mencukur Rambut Bayi, Bisa Bikin Rambut Bayi Tebal?

Manfaat Mencukur Rambut Bayi Hingga GundulTradisi mencukur rambut bayi hingga saat ini masih berlaku dan banyak dilakukan oleh para orang tua. Selain karena mengikuti tradisi, mencukur rambut bayi juga bertujuan agar nantinya rambut bayi bisa cepat tumbuh dan tentunya rambut akan lebih tebal.

Tidak ada yang salah dengan tradisi tersebut, walau juga tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, faktor genetik (keturunan) juga mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi. Bila kakek, nenek, ayah dan ibunya mempunyai rambut hitam dan tebal, maka kemungkinan besar bayi yang lahir akan memiliki rambut yang hitam dan tebal pula begitu lahir.

Namun bila ternyata ada salah satu yang memiliki gen rambut tipis, maka ada kemungkinan pula bayi yang lahir rambutnya juga sedikit (tipis). Jadi, kalau pada dasarnya rambut anak sudah tipis, maka mencukur rambut beberapa kali pun tidak akan memengaruhi tebal dan tipisnya rambut.

Selain faktor genetik, masih ada faktor eksternal yang juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut bayi misalnya adalah asupan gizi, hormon, perawatan, serta kebiasaan.

Misalnya saja bila bayi ternyata mengalami masalah kekurangan gizi, maka itu akan memengaruhi tekstur rambut, seperti perubahan warna menjadi kemerahan dan rambut menjadi lebih kering, mudah patah, tipis, dan mudah rontok. Sementara faktor hormon yang memengaruhi adalah hormon androgen. Misalnya, bayi yang terlahir dengan rambut tebal bisa jadi karena pengaruh hormon androgen ibunya, karena biasanya bayi yang baru lahir belum memproduksi hormon androgen sendiri. Ketika hormon androgen pada tubuh bayi perlahan menghilang beberapa lama kemudian, rambut bayi pun menjadi rontok. Dan bila rambut asli bayi tipis, maka rambut yang tumbuh menggantikan rambut yang rontok juga akan merupakan rambut tipis.

Kalau ternyata bayi anda adalah membawa gen rambut tipis, apakah kemudian mencukur rambut bayi adalah hal yang sia-sia? Tentu saja tidak. Pasalnya, ada beberapa manfaat dari mencukur rambut bayi. Berikut beberapa diantaranya sebagaimanya yang dikutip dari laman AyahBunda:

  1. Pada saat bayi melewati jalan lahir, maka akan banyak lemak dan kotoran ibu yang menempel pada tubuhnya, termasuk rambutnya. Mencukur rambut bayi akan ‘mengangkat’ sisa-sisa lemak dan kotoran tersebut sehingga bisa mencegah timbulnya kerak kepala (dermatitis seboroik).
  2. Mencukur rambut akan membuat ibu mudah mendeteksi adanya masalah di kulit kepala bayi, seperti bisul, iritasi, atau luka.
  3. Selain itu, mencukur rambut bayi juga akan membuat bayi mudah beradaptasi dengan lingkungan atau udara sekitar karena kulit kepalanya tidak berambut.

Demikian informasi mengenai manfaat mencukur rambut bayi. Semoga dapat memberikan manfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Manfaat Mencukur Rambut Bayi, Bisa Bikin Rambut Bayi Tebal? | chsa | 4.5