Manfaat Memanaskan Mesin Motor

Memanaskan mesin motor tidak hanya dilakukan saat akan bepergian jauh. Bahkan saat tidak akan digunakan pun kita dianjurkan untuk tetap memanaskan mesin motor setiap harinya. Pasalnya, seringkali performa mesin jadi menurun akibat terlalu lama didiamkan tanpa distarter, yang dipicu oleh tercampurnya oli dengan air.

Jika didiamkan terlalu lama, udara yang membawa uap air akan masuk melalui ventilasi mesin. Saat pagi hari, uap air tersebut akan mengembun, dan bisa bercampur dengan oli. Oli yang sudah terkontaminasi air tersebut bisa menyebabkan karat pada mesin. Kemampuan oli untuk melumasi mesin juga menjadi berkurang, sehingga berpengaruh pada performa mesin yang menurun, bahkan bisa menyebabkan kerusakan mesin.

Oli yang sudah terkontaminasi air akan menjadi lebih kental. Itulah kenapa mesin tidak boleh didiamkan lama dan harus selalu distarter, supaya ada sirkulasi agar olinya naik untuk melindungi komponen mesin dari karat. Selain itu juga agar uap air yang ada di mesin bisa menguap lagi karena panas.

Cara Memanaskan Mesin Motor yang Benar

Memanaskan mesin motor tidak hanya dilakukan saat motor akan digunakan untuk perjalanan jauh, namun saat motor tidak digunakan pun mesin motor tetap harus dipanaskan setiap harinya.

Memanaskan mesin motor bertujuan untuk membantu oli mesin untuk cepat naik ke atas untuk melakukan pelumasan terhadap piston. Untuk menghidupkan motor saat dipanasi, gunakanlah kick stater (engkol/selahan).

Yang perlu diketahui saat memanaskan motor adalah bahwa tidak disarankan memanaskan motor dalam waktu lama, apalagi sampai akselarator atau gas digeber, terutama untuk motor keluaran terbaru.

Sepeda motor injeksi sudah jauh lebih “pandai” ketimbang yang menggunakan karburator. Kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi.

Cukup 30 detik dan maksimal 1 menit. Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia

loading...
About these ads

Loading...
Manfaat Memanaskan Mesin Motor | akbar | 4.5