Manfaat Makan Pisang untuk Kesehatan

Buah pisang merupakan salah satu makanan sumber asam folat. Karena itu, makan buah pisang sangat dianjurkan bagi ibu hamil dimana ibu hamil membutuhkan banyak asupan asam folat untuk mencegah bayi lahir cacat.

Selain sebagai sumber asam folat, makan buah pisang ternyata juga memberikan manfaat lain yang sama baiknya bagi kesehatan tubuh. Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah manfaat dan khasiat makan buah pisang untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kesehatan ginjal

Risiko penyakit ginjal dapat berkurang hingga 50 persen bila anda maka buah pisang beberapa kali dalam seminggu. Karena buah pisang merupakan sumber potasium yang baik yang akan mengontrol tekanan darah dan mengatur fungsi ginjal tetap sehat.

2. Mengurangi nyeri saat latihan

Buah pisang termasuk salah satu makanan terbaik yang dianjurkan dikonsumsi bagi anda yang gemar berolahraga. Ini terutama karena adanya kandungan mineral dan karbohidrat yang mudah dicerna. Hal ini membantu untuk mengurangi kram otot dan nyeri saat berolahraga.

3. Meningkatkan sensitivitas insulin

Pisang merupakan sumber yang baik dari pati resisten, sehingga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Resistensi insulin merupakan faktor risiko utama beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2. Jadi, ketika anda secara rutin mengonsumsi buah pisang maka hal itu akan membuat anda terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.

4. Tinggi serat

Kandungan serat yang ada dalam buah pisang cukup tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan. DIantara dari manfaat serat yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kesehatan usus, mengurangi resistensi insulin serta dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

5. Kaya nutrisi

Ada banyak kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang. Dimana buah pisang merupakan sumber kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan dan serat. Menurut hasil studi bahwa 90 persen dari kalori dalam pisang berasal dari karbohidrat.

6. Membantu menurunkan berat badan

Makan buah pisang akan membantu perut menjadi kenyang dan mengurangi nafsu makan. Ini karena adanya kandungan serat dalam buah pisang yang dapat membantu mengurangi konsumsi kalori menjadi lebih sedikit. Tidak hanya itu saja, namun kandungan serat pisang juga akan mendorong dalam proses penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme.

7. Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan menurunkan riusiko beberapa penyakit. Misalnya, kandungan dopamin dan catechin mengurangi risiko anda dari terkena penyakit jantung dan penyakit degeneratif, termasuk diabetes.

Itulah diantara dari sekian banyak manfaat dari makan buah pisang yang akan anda dapatkan bila dikonsumsi secara rutin. Selain dengan cara dimakan langsung sebagai buah pencuci mulut, buah pisang juga bisa diolah menjadi beragam jenis olahan sesuai selera.

loading...
Loading...
ragam manfaat minuman menurunkan berat badan

Manfaat Makan Pisang untuk Kesehatan | akbar | 4.5