Manfaat Makan Buah Semangka

Buah semangka baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya karena kandungan airnya yang tinggi sehingga mampu mencegah dehidrasi, namun mengonsumsi buah semangka ternyata juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Dikutip dari organisasi.org bahwa dalam setiap 100 gram buah semangka terkandung nutrisi berupa energi sebesar 28 kilokalori, lemak 0,2 gram, kalsium 7 miligram, fosfor 12 miligram, protein 0,5 gram, karbohidrat 6,9 gram, dan zat besi 0 miligram. Selain itu di dalam buah semangka juga terkandung vitamin A sebanyak 590 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 6 miligram. Informasi tentang adanya kandungan nutrisi buah semangka tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram buah semangka, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 46%.

Manfaat dan Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Dengan tingginya kandungan nutrisi dalam buah semangka, maka tidak mengherankan bila makan buah semangka akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan jantung

Buah semangka kaya akan kandungan likopen yang sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan risiko penyakit jantung, demikian menurut sebuah studi di Universitas Purdue. Semangka juga mengandung citruline dan arginin yang baik untuk organ jantung. Karena, arginin membantu meningkatkan aliran darah dan citruline mengurangi akumulasi kelebihan lemak.

Bahkan menurut temuan hasil studi dalam American Journal of Hypertension diketahui bahwa ekstrak semangka membantu mengurangi risiko hipertensi dan tekanan darah pada orang dewasa yang obesitas.

2. Memiliki sifat anti inflamasi

Likopen yang terkandung dalam semangka membuatnya memiliki sifat anti inflamasi. Anti inflamasi ini bekerja sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas. Selain itu, menurut Shock Medical Journal, semangka mengandung kolin yang membantu menurunkan peradangan kronis.

3. Mencegah Dehidrasi

Semangka adalah contoh sempurna dari makanan yang dapat membantu anda tetap terhidrasi, demikian menurut ahli gizi dari Fitness Institute di The University of Texas, Victoria Jarzabkowski. Bahkan, Jarzabkowski mengatakan, karena menjaga hidrasi, makan semangka dapat mencegah penyakit mematikan.

Kadar air dapat membantu anda tetap terhidrasi dan semangka penuh dengan elektrolit. Bahkan, mengonsumsi membantu mencegah heat stroke atau stroke akibat sengatan sinar matahari.

Itulah informasi tentang manfaat dan khasiat dari mengonsumsi buah semangka sebagaimana yang didapat dari laman Livescience.

Makan buah semangka memang menyehatkan. Namun ingat, karena kandungan air yang cukup tinggi di dalamnya, maka hindari banyak makan buah semangka di malam hari menjelang waktu tidur. Kenapa karena kandungan air yang tinggi dalam buah semangka bisa mengganggu tidur anda dimana anda harus bolak balik ke kamar mandi.

loading...
Loading...
ciri ciri buah semangka dalam bahasa inggris, deskripsi semangka dalam bahasa inggris, kasiat empedu biawak, deskripsi buah semangka dalam bahasa inggris, makan semangka saat sahur

Manfaat Makan Buah Semangka | akbar | 4.5