Manfaat Luar Biasa Makan Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Menjalankan cara diet sehat untuk ibu hamil sangat penting dilakukan. Karena itu saat hamil sangat penting untuk memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi. Salah satu jenis asupan makanan yang dianjurkan untuk selalu ada dalam menu diet selama kehamilan adalah buah semangka.

Buah semangka yang kaya akan kandungan air ini sangat baik untuk membantu tubuh ibu hamil agar terhindar dari dehidrasi. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah semangka juga menjadi buah ini sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Seperti misalnya vitamin A, C dan likopen yang dapat membantu mengatasi masalah morning sickness pada ibu hamil.

Dikutip dari laman Boldsky, ada sejumlah manfaat yang akan didapatkan oleh ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah semangka. Berikut ini adalah diantaranya:

Mengurangi risiko kram otot

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah kram otot. Untuk itu, makan buah semangka secara rutin baik untuk dilakukan ibu hamil karena buah semangka merupakan sumber kalium dan magnesium yang akan membebaskan ibu hamil dari permasalah kram otot, terutama setelah masa kehamilan pada trimester ketiga.

Meredakan mulas

Perut mulas juga merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh calon ibu. Namun anda tidak perlu khawatir karena itu, sebab dengan mengonsumsi semangka bisa menjadi obat paling mujarab untuk mengatasi mulas selama kehamilan.

Menguras racun

Salah satu alasan kenapa ibu hamil dianjurkan mengonsumsi buah semangka adalah karena air yang terkandung pada buah semangka sangat tinggi sehingga baik untuk ibu hamil. Selain dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, mengonsumsi buah semangka juga dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan mencegahnya mengalami kelelahan.

Sumber vitamin

Buah semangka memiliki kandungan vitamin A dan C, dan juga nutrisi penting lainnya. Tidak diragukan lagi bahwa vitamin tersebut sangat penting bagi seorang calon ibu. Sebab itu, makanlah 3 porsi semangka setiap hari selama kehamilan.

Sumber vitamin B6 dan magnesium

Untuk menjaga kesehatan selama di dalam kandungan, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin B6 dan magnesium yang cukup. Jadi, hal ini adalah alasan tepat mengapa wanita hamil perlu mengonsumsi semangka setiap hari.

Tubuh terhidrasi

Semangka adalah buah yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan itu sangat penting untuk hidrasi. Ini karena adanya kandungan air yang cukup tinggi dalam buah berwarna merah ini.

Kaya likopen

Buah semangka kaya akan kandungan likopen yang bila dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi morning sickness dan rasa mual saat hamil. Tidak hanya itu saja, penelitian medis telah menunjukkan bahwa likopen mengurangi risiko preeklampsia untuk wanita hamil dan bayi.

loading...
Loading...
Manfaat Luar Biasa Makan Buah Semangka Bagi Ibu Hamil | akbar | 4.5