Manfaat Kunyit atau Kunir yang Luar Biasa

Halaman: 1 2 3

Kunyit tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan, namun kunyit juga dapat dipergunakan sebagai pewarna makanan yang alami. Di Indonesia, kunyit juga biasa dikenal dengan sebutan kunir. Untuk mengenali kunyit sangatlah mudah. Ciri-ciri kunyit atau kunir yang paling mudah dipahami adalah rimpang kunyit bagian dalamnya berwarna kuning ketuaan. Jadi bila anda menemukan kunyit, laos dan jahe dalam satu wadah, maka anda sudah pasti akan bisa membedakannya denga mudah.

Manfaat dari kunyit juga sudah tidak diragukan lagi. Di Indonesia, penjual jamu gendong yang keliling hampir selalu pastinya menyediakan jamu kunyit atau jamu kunir.

Cara Membuat Jamu Kunyit – Jamu Kunir Asam

Jamu kunyit asam cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jamu kunyit asam sering dikonsumsi oleh kaum wanita yang sedang dalam masa menstruasi dan atau ingin melangsingkan tubuh. Namun demikian, kaum pria pun biasa minum jamu kunyit ini.

Rasanya yang manis dan asam serta menyegarkan tanpa rasa pahit dan getir menjadikan jamu kunyit asam sebagai salah satu minuman kesehatan yang sangat digemari. Cara membuat jamu kunyit asam pun sebenarnya sangatlah mudah, karena bahan-bahan yang digunakan juga biasa ditemukan bahkan di dapur setiap rumah.

Untuk membuat jamu asam kunyit, maka diperlukan bahan-bahan seperti 1/2 kg kunyit, 1/4 gula jawa, 1/2 kg asam jawa, 2 liter air, dan sepucuk sendok teh garam.

Sementara itu, untuk cara membuat kunyit asam bisa dilakukan dengan :

  1. Bersihkan kunyit dari kotoran yang menempel, bisa dikerok lalu dicuci dengan air. Setelah bersih lalu diparut atau blender. Selanjutnya ambil sari atau airnya saja, untuk ini bisa diperas dan disaring sehingga ampasnya tidak ikut.
  2. Setelah air dan ampas terpisah, maka selanjutnya rebus air kunyit. Tambahkan asam, gula dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat dan biarkan hingga dingin.
  3. Jamu kunyit asem pun siap untuk diminum. Bila anda menginginkan, maka anda juga bisa menambahkan es batu dalam segelas jamu kunyit asam.

Untuk jumlah atau takaran dari bahan-bahan yang digunakan utnuk membuat jamu kunyit asem di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

loading...
Loading...
manfaat minum serbad, manfaat air asam, cara membuat air asam jawa untuk masakan, manfaat kunyit dan gula merah, asam jawa dan gula merah, ciri ciri kulit wajah yang rusak, Manfaat air asem, manfaat asem, manfaat asam dan gula merah, manfaat air gula asam, manfaat minuman gula asem jawa, Manfaat asam dan gula jawa, air asam, manpaaat gula aren dicampur asam jawa, kasiat asam jawa dan gula merah, khasiat kunyit campur gula merah, manfaat air asem jawa, asam campur gula d seduh air panas kegunaan nya buat apa, khasiat minum air asam jawa dan gula merah, Asem gula merah, kunyit dan gula jawa, kasiat gula asem, khasiat Asam, khasiat gula asem, manfaat gula merah dan asam, khasiat asem gula merah, gula asam jawa, manfaat air asem dan gula merah, manfaat air asam jawa untuk kesehatan, kasiat asam jawa

Manfaat Kunyit atau Kunir yang Luar Biasa | akbar | 4.5