Manfaat Kulit Telur Ayam Sebagai Pestisida dan Pupuk Organik untuk Tanaman

Siapa sangka, kulit telur ayam yang biasanya dibuang begitu saja ke tempat saja masih bisa kita manfaat. Salah satu contoh hasil pemanfaatan dari kulit telur ayam adalah sebagai pestisida alami untuk mengusir hama.

Bagimana cara membuat pestisida alami dari cangkang atau kulit telur ayam ini?

Cara Membuat Pestisida Alami untuk Mengusir Hama

Sebagaimana yang dikutip dari laman rumahku.com, ternyata cara membuat pestisida alami dari kulit telur ayam ini ternyata sangatlah mudah.

Yang perlu kita persiapkan adalah cangkang telur ayam (kulit telur ayam). Cangkang telur ayam ini kita jemur agar kering. Selanjutnya kita hancurkan cangkang telur ayam yang sudah kering tersebut hingga menjadi bubuk atau serbuk.

loading...

Sementara untuk cara penggunaannya juga sangat mudah, bubuk kulit ayam tersebut hanya perlu ditaburkan langsung pada hama yang kita temui di taman rumah. Sangat mudah bukan?

Untuk jenis-jenis hama yang bisa dibasmi dengan pestisida alami dari kulit telur ini misalnya adalah siput, keong, mollusca, kutu, dan kumbang. Apabila hama tersebut terkena bubuk kulit telur, maka hama tersebut akan langsung menggeliat. Mereka akan bergerak untuk beberapa waktu, berputar dan berbalik dan akhirnya mereka akan mati.

Pestisida alami ini juga bisa kita gunakan untuk mengatasi tanaman yang sudah terlanjur dirusak hama. Caranya dengan menaburkan bubuk kulit telur pada daun tanaman yang sudah rusak diserang hama.

Ini juga menjadi salah satu cara menggunakan kulit telur sebagai pengendalian hama. Karena hama akan menjauh dari daun tersebut dan membunuh hama lainnya yang menempel di atas daun.

Musim hujan biasanya ada banyak hama yang akan menyerang tanaman. Karena itu, untuk cara mencegah serangan hama disaat musim hujan bisa dilakukan dengan menaburkan bubuk kulit telur di sekitar permukaan tanah tanaman. Selain untuk mengusir hama, manfaat bubuk kulit telur ayam ini juga sekaligus sebagai pupuk organik karena kulit telur mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tanaman sebagai pembentuk enzim.

Mulai dari sekarang, jangan buang kulit telur ayam. Lebih baik disimpan untuk dijadikan sebagai pestisida alami sekaligus sebagai pupuk organik untuk tanaman yang ada di rumah anda.

loading...
Loading...
manfaat kulit telur, manfaat kulit telur untuk tanaman, manfaat cangkang telur, manfaat cangkang telur untuk tanaman, cangkang telur, Manfaat kulit telur bagi tanaman, kulit telur, manfaat kulit telor, kulit telur sebagai pupuk, manfaat cangkang telor, kulit telur untuk tanaman, khasiat kulit telur, pupuk dari cangkang telur, kegunaan cangkang telur, kulit telur untuk pupuk, pupuk kulit telur, kegunaan kulit telur, cara membuat pupuk dari cangkang telur, pupuk cangkang telur, kandungan cangkang telur, manfaat cangkang telur dan kulit pisang bagi tabulampot, pupuk can, membuat mol dari telur, mol cangkang telur, manfaat rebusan kulit telur untuk anggrek, manfaat rebusan kulit telor, manfaat kulit telur untuk pupuk, manfaat kulit telur sbg pembasmi hama, telur untuk pupuk anggrek, kandungan kulit telur untuk pupuk

Manfaat Kulit Telur Ayam Sebagai Pestisida dan Pupuk Organik untuk Tanaman | akbar | 4.5