Manfaat Kayu Manis Selain Sebagai Sebagai Bumbu Dapur

Manfaat dan Khasiat Minyak Kayu Manis atau Minyak AsiriSama seperti jahe, kayu manis juga merupakan bumbu rempah yang kaya akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Kulit kayu manis mempunyai cita rasa dan bau yang khas. Nama latin dari kayu manis adalah Cinnamomum zeylanicum. Kayu manis adalah tanaman asli Indonesia yang tersebar di beberapa propinsi di Indonesia seperti di Jawa, Sumatera, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.

Kandungan Kimia Kayu Manis

Minyak asiri merupakan salah satu kandungan kimia yang ada pada kayu manis. Ada perbedaan kadar komponen kimia kulit kayu manis, tergantung pada daerah asal. Namun secara rinci, komposisi kimia kayu manis sebagai berikut: kadar air 7,9%, minyak asiri 3,4%, alkohol ekstrak 8,2%, abu 4,5%, abu larut dalam air 2,23%, abu tidak dapat larut 0,013%, serat kasar 29,1%, karbohidrat 23,3%, eter ekstrak yang tidak menguap 4,2%, nitrogen 0,66%.

Manfaat Kayu Manis

Walau terkenal dengan nama kayu manis, namun yang biasa dimanfaat dari tanaman kayu manis ini hanyalah kulitnya saja. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kulit kayu manis:

Obat bau mulut
Mengunyah kayu manis telah terbukti melawan bau mulut secara alami sepanjang hari. Selain itu, mengunyah kayu manis juga mencegah pembusukan gusi dan gigi.

Obat jerawat
Kayu manis bisa digunakan sebagai krim pencegah jerawat. Melindungi dari luar, kayu manis mencegah perkembangan darah kotor di kulit wajah dan menghentikannya menjadi jerawat.

Meningkatkan kinerja otak
Mencium atau mencicipi kayu manis akan membantu merangsang otak yang membantu meningkatkan daya ingat dan kinerjanya. Tidak hanya itu saja, mengunyah kayu manis juga bisa membantu menghilangkan sakit kepala.

Mengurangi nyeri otot
Seringkali kita merasakan sakit otot saat olahraga. Untuk mengurangi nyeri otot tersebut, kita bisa mengoleskan minyak asiri di lokasi nyeri, sehingga gejalanya semakin berkurang dan tidak menggangu aktivitas.

Manfaat Lain dari Minyak Kayu Manis

Dari hasil penelitian minyak asiri kayu manis dapat membunuh baksil thypus hanya dalam waktu 12 menit, sedang minyak cengkih waktunya mencapai 25 menit. Minyak asiri juga bisa dijadikan sebagai obat penyakit disentri, penyembuh reumatik, mencret, pilek, sakit usus, jantung, pinggang dan darah tinggi.

Sementara itu, manfaat lain dari minyak kayu manis adalah memiliki efek untuk mengeluarkan angin dan membangkitkan selera atau menguatkan lambung. Dalam dunia industri, selain sebagai obat kumur, minyak asiri atau minyak kayu manis bisa digunakan sebagai penyegar aroma sabun, deterjen, lotion, parfum dan cream. Untuk pengolahan makanan dan minuman, minyak kayu manis bisa dipergunakan sebagai pewangi dan peningkat cita rasa kue/masakan (gulai dan sup) dan aroma minuman ringan (softdrink).

loading...
Loading...
Manfaat Kayu Manis Selain Sebagai Sebagai Bumbu Dapur | chsa | 4.5