Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan cukup banyak vitamin C. Selain dengan mengonsumsi asupan suplemen vitamin, untuk mencukupi kebutuhan vitamin C bisa juga didapat dari konsumsi buah. Salah satu contoh buah yang kaya akan kandungan vitamin C adalah buah jeruk.

Buah jeruk sendiri tidak hanya berguna sebagai sumber vitamin C, namun lebih dari itu ibu hamil yang rajin makan buah jeruk juga akan mendapatkan banyak manfaat lain, diantaranya:

1. Tubuh terhidrasi

Jeruk berkontribusi pada asupan cairan harian ibu hamil. Tidak hanya itu saja, buah jeruk juga menyediakan kalium dan natrium yang akan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Sumber folat

Folat adalah vitamin yang bermanfaat bagi ibu hamil. Manfaat folat adalah untuk pembentukan sel darah merah dan jaringan baru, serta membantu pengembangan plasenta.

3. Baik untuk kesehatan ginjal

Mengonsumsi jeruk setiap hari selama masa kehamilan bisa meningkatkan nilai pH urin. Selain itu juga bisa meningkatkan ekskresi asam sitrat dari tubuh. Maka dari itu, buah jeruk dianggap sebagai obat yang bagus untuk mengobati masalah batu ginjal.

4. Sumber karotenoid

Buah jeruk memiliki kandungan karotenoid yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan pernapasan selama kehamilan.

5. Mencegah hipertensi

Dengan tingginya kandungan kalium dalam jeruk, hal ini bisa menjadikan buah ini sebagai makanan untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

6. Mencegah sembelit

Jeruk juga merupakan sumber serat yang baik. Karena itu jeruk bisa difungsikan sebagai salah satu makanan untuk mencegah masalah gangguan pencernaan, terkait dengan sembelit pada ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan ibu hamil sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Ibu Hamil | akbar | 4.5