Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Share:

Jahe sering digunakan sebagai bumbu masakan dan penyedap rasa. Rasa pedas yang ditimbulkan jahe juga dapat menggugah selera makan. Selain itu, jahe juga bisa dikonsumsi sebagai minuman herbal atau bahan dasar pengolahan jamu. Namun, jahe ternyata memiliki segudang manfaat lain yang belum diketahui oleh banyak orang.

Apa saja itu? Berkut ulasannya.

1. Meredakan masalah tenggorokan
Beberapa gejala penyakit seperti radang atau rasa gatal di tenggorokan bisa diredakan dengan mengkonsumsi jahe. Caranya adalah dengan menyeduh secangkir jahe hangat dan di minum tiga kali sehari sampai rasa sakit tersebut mereda.

2. Mengobati radang sendi
Jahe dapat mengurangi gejala arthritis (radang sendi), osteoarthritis dan rheumatoid. Hal ini dikarenakan jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang kuat yang disebut gingerol.

3. Meredakan mual pagi
Anda yang menderita morning sickness atau mual pagi sebaiknya mengkonsumsi jahe secara konstan dan teratur. Secangkir jahe hangat terbukti efektif untuk meredakan rasa mual di pagi hari.

4. Mengontrol gula darah
Jahe juga berfungsi sebagai pengontrol gula darah. Tak jarang, para penderita diabetes disarankan untuk meminum jahe di pagi hari. Dengan begitu, kadar gula darah pun bisa dikendalikan dengan baik.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sudah menjadi rahasia umum jika jahe dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Mengkonsumsi jahe secara teratur terbukti dapat menghindarkan anda dari berabagai risiko penyakit.

6. Mengatasi masalah pencernaan
Sakit perut, mulas atau kram perut dapat dihilangkan dengan cara mengkonsumsi jahe. Minumlah secangkir jahe yang masih hangat untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.

7. Meredakan sakit kepala dan migrain
Jika anda mengalami sakit kepala atau migrain, kunyahlah sepotong jahe segar selama kurang lebih 30 menit. Cara ini terbukti efektif untuk mengurangi rasa sakit di kepala.

8. Obat anti mabuk
Jahe baik yang alami atau dalam bentuk permen sangat ampuh untuk mencegah mabuk perjalanan dan mual. Jiak perut sudah terasa mual, segeralah mengkonsumsi jahe.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan | akbar | 4.5

Berita Lainnya