Manfaat Dibalik Lezatnya Olahan dari Ceker Ayam Bagi Kesehatan

Manfaat Ceker Ayam Lezat dan BerkhasiatManfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Tubuh – Ceker ayam termasuk makanan yang cukup dikenal dan banyak digemari oleh masyarakat. Biasanya ceker ayam diolah sebagai campuran sup. Ada juga mereka yang kreatif mengolah ceker ayam menjadi kripik ceker.

Meski ada banyak yang menggemari ceker ayam, namun tidak sedikit mereka yang tidak menyukainya. Salah satu alasannya adalah karena melihat kebiasaan ayam yang menggunakan cekernya untuk mencari makan dengan mengorek-orek tempat yang kotor.

Padahal, bila mengolah ceker ayam dengan bersih, maka kita tidak perlu khawatir akan kotoran dan kuman penyakit yang bersarang di ceker ayam. Selain bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan yang enak, gurih dan lezat, ceker ayam juga punya banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi, Manfaat dan Khasiat Ceker Ayam

Di masyarakat kita pun ada mitos yang menyebutkan bahwa bila anak kecil atau bayi diberi makan dengan lauk ceker (dibuat sup misalnya) akan membuat si anak lebih mudah latihan berjalan dan juga membuat kaki bayi menjadi kuat dan kokoh sehingga cepat berjalan.

Ceker ayam terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah kulit, otot, tulang dan kolagen. Kolagen adalah protein jaringan ikat bening kekuning-kuningan yang bila terkena panas maka akan menjadi cair dan mengental. Adapun fungsi kolagen yang ada pada kaki ayam tidak hanya baik untuk pertumbuhan anak, namun juga memiliki khasiat sebagai obat penyakit rematik.

Orang-orang yang terkena penyakit hipertensi juga dianjurkan untuk mengonsumsi ceker ayam. Hal ini dikarenakan kandungan kolagen yang ada pada ceker ayam bisa membantu menurunkan kadar renin dalam plasma sehingga tidak menyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Sementara kandungan hydroxyapatiteh atau zat yang komponennya sama dengan komponen tulang ini merupakan makanan untuk tulang yang memiliki fungsi untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Ceker ayam juga memiki kandungan zat lainnya seperti asam amino yang bisa membatu memperbaiki jaringan pada tubuh dan membentuk sel-sel baru, kalsium, kartilago (berfungsi untuk melapisi persendian), glukosamin dan kondroitin yang bisa meringankan gejala sendi atau ostepoarhitis.

loading...
Loading...
manfaat jantung ayam

Manfaat Dibalik Lezatnya Olahan dari Ceker Ayam Bagi Kesehatan | chsa | 4.5