Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Meningkatkan Jumlah Produksi ASI

Menurunnya produksi ASI seringkali membuat ibu menyusui bersedih. Karena akibat dari berkurangnya produksi ASI tentu si ibu tidak memberikan ASI untuk bayinya dengan maksimal. Padahal ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Kondisi ini biasanya terjadi setelah 5 bulan. Karena itu tidak jarang akhirnya ibu lebih memilih untuk memberikan makanan tambahan sebagai pendamping dari ASI.

Penyebab menurunnya produksi ASI bisa jadi adalah karena ibu menyusui kurang mengonsumsi makanan yang bergizi. Nah, untuk menjaga agar produksi ASI tetap melimpah, maka ibu menyusui bisa coba konsumsi daun ubi jalar. Manfaat dari konsumsi daun ubi jalar oleh ibu menyusui adalah dapat meningkatkan gizi bayi, karena daunnya ini dapat meningkatkan produksi ASI.

Upaya peningkatan produksi ASI melalui konsumsi daun ubi jalar dapat dilakukan karena dalam daun tersebut ada zat-zat laktagogum yang bisa meningkatkan produksi ASI. Selain itu di dalam daun ini juga ada kandungan karotenoid dan zat besi.

Di beberapa negara, seperti Filipina misalnya penggunaan daun ubi jalar untuk meningkatkan produksi ASI sudah umum dilakukan. Selain konsumsi daun ubi jalar, bisa juga dikonsumsi daun katuk, daun kelor atau pepaya muda untuk membantu menigkatkan produksi ASI.

Daun ubi jalar memiliki kandungan berupa provitamin A yang tinggi dan protein. Namun bagi yang ingin mengonsumsinya, sebaiknya pilih daun ubi jalar yang organik atau tidak menggunakan pestisida, karena jika di daun tersebut ada pestisida dan dimakan oleh ibu yang menyusui, maka zat-zat dari pestisida tersebut akan ikut masuk ke dalam tubuh bayi.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi produksi ASI, termasuk kondisi fisik, mental dan emosional. Karenanya tidak jarang menemukan ibu yang tidak bisa memberikan ASI ekslusif pada bayinya akibat jumlah ASI yang sedikit.

Namun dengan belajar mengenali tingkat kenyamanan serta menyusun rencana yang baik termasuk mengetahui makanan apa saja yang bisa membantu memperbanyak jumlah ASI, maka proses menyusui akan menjadi lebih mudah dilakukan.

loading...
Loading...
manfaat daun ubi jalar untuk ibu menyusui, manfaat ubi jalar untuk ibu menyusui, kandungan daun ubi jalar untuk ibu mnyusui, konsumsi ubi untuk ibu menyusui

Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Meningkatkan Jumlah Produksi ASI | akbar | 4.5