Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Selain umbinya, daun singkong juga bisa dikonsumsi. Terutama daun singkong adalah diolah menjadi sayur. Baik itu sayur oseng atau disantan.

Selain bisa diolah menjadi sayur, daun singkong ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan obat ramuan tradisional.

Berbagai kandungan nutrisi terkandung dalam daun singkong. Diantaranya adalah daun singkong memiliki kandungan kalsium, zat besi, lemak dan protein. Sebab itulah maka daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional yang berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh.

Manfaat dan Khasiat Daun Singkong

Tidak mau kalah dari umbi tanaman singkong, bagian dari daun tanaman singkong juga dapat memberikan khasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat dan khasiat dari daun singkong diantaranya adalah berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman Stylecraze:

1. Mencegah infeksi pencernaan

Berdasarkan dari hasil beberapa penelitian yang solid, daun singkong memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satunya adalah bahwa manfaat daun singkong bisa membantu untuk mengurangi infeksi nematoda di saluran pencernaan. Sebuah percobaan yang dilakukan pada kambing muda yang diberi makan diet stabil aditif fermentasi daun padi dan singkong. Hasilnya ditemukan bahwa suplementasi secara drastis mengurangi gejala kutu nematodik.

2. Memperkuat imunitas

Kandungan asam folat dan juga vitamin C yang ditemukan dalam daun singkong ternyata sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Manfaat vitamin C adalah membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyerang inti dari virus dan bakteri, membuat mereka mati.

Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang baik dalam menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas diketahui memiliki hubungan dengan kanker. Sementara itu manfaat asam folat adalah membantu dalam produksi sel-sel, sehingga mencegah mutasi DNA.

3. Melawan kekurangan protein

Kandungan lisin protein dalam daun singkong cukup tinggi. Karena itulah daun singkong dapatmembantu melawan kondisi kekurangan protein seperti Kwashiorkor.

Akan tetapi perlu untuk menjadi perhatian bahwa tergantung pada singkong sebagai satu-satunya sumber protein bisa memberikan dampak yang berbahaya jika daun singkong tidak dimasak dengan benar.

Tidak hanya itu saja, karena ada juga bukti yang menunjukkan bahwa di dalam daun singkong terkandung glukosida cyanogenik. Akibatnya, hal ini bisa menyebabkan hilangnya penglihatan dan keracunan sianida. Karena itu, sebelum diolah untuk dikonsumsi, daun singkong dan juga umbinya harus dicuci dengan baik dan dimasak dengan tepat sebelum makan.

loading...
Loading...
fungsi hati kambing, gambar ikan kambing kambing, ikan kambing kambing khasiat, manfaat hati kambing

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan | akbar | 4.5