Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat untuk Menyembuhkan Penyakit

Buah pepaya tentunya sudah cukup familiar bagi anda. Karena buah pepaya sudah biasa dikonsumsi menjadi salah satu buah pencuci mulut. Beragam khasiat dan manfaat pun dapat diperoleh dari mengonsumsi buah pepaya.

Selain buah pepaya, bagian daun pepaya juga biasa diolah menjadi sayuran sebagai pendamping nasi. Beragam olahan pun dapat dibuat dari daun pepaya, bisa diosesng atau bisa juga dibuat menjadi urap.

Namun selain digunakan sebagai bahan pangan, daun pepaya juga dapat diolah untuk kemudian digunakan sebagai obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan beragam jenis masalah kesehatan dan penyakit. Mulai dari obat jerawat hingga obat batu ginjal dapat diatasi dengan menggunakan daun pepaya.

Manfaat Daun Pepaya untuk Obat Penyakit

Daun pepaya memiliki cita rasa pahit, yang ternyata hal itu berkhasiat dimana daun pepaya dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Adapun beberapa jenis penyakit yang dapat diobati menggunakan daun pepaya diantaranya adalah:

1. Mengatasi jerawat

Masalah yang biasa muncul dan dialami oleh kebanyakan anak dalam masa puber ini bisa mencoba daun pepaya sebagai solusinya. Caranya adalah 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dijemur kemudian dihaluskan dan ditambahkan air kemudian sari daun pepaya tersebut dioleskan pada bagian yang berjerawat.

2. Mengatasi keputihan

Untuk cara mengatasi keputihan menggunakan daun pepaya cukup mudah. Caranya adalah dengan merebus 1 daun pepaya (yang sebelumnya suda dicuci bersih) dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari, kemudian air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap hari satu kali.

3. Sakit perut pada waktu haid

Tidak sedikit kaum wanita yang merasakan sakit atau nyeri di bagian perutnya saat tamu bulanan ini datang. Karena untuk, untuk mengatasi sakit perut yang muncul bisa dilakukan dengan cara 1 lembar daun pepaya ditumbuk bersama dengan buah asam dan garam lalu ditambahkan air masak, campuran tersebut kemudian diperas, disaring dan diminum pada saat haid.

4. Disentri

Disentri atau infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir dan diatasi dengan daun pepaya. Untuk cara mengobati disentri adalah caranya 2 lembar daun pepaya direbus dalam 1 liter air bersama dengan 1 sendok teh bubuk kopi, lalu disaring dan diminum satu cangkir per hari.

5. Diare

Untuk cara mengobati diare bisa dilakukan dengan cara merebus daun pepaya bersama dengan minyak kelapa. Untuk selanjutnya daun pepaya yang layu tersebut ditempelkan pada perut penderita.

6. Malnutrisi

Malnutrisi atau gejala kekurangan gizi pada balita tentu sangat berbahaya bagi tumbuh kembangnya. Karena itu untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan daun pepaya. Caranya adalah daun pepaya ditumbuk bersama daun dadap serep, dan kapur sirih kemudian dipergunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut si penderita.

7. Membasmi cacing perut

Untuk membasmi cacing perut bisa dilakukan dengan cara merebus daun pepaya dalam 2 gelas air bersama dengan adas pulowaras sampai mendidih, lalu air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap malam sebelum tidur.

8. Batu Ginjal

Batu ginjal bisa muncul akibat dari kurangnya konsumsi air putih. Bila batu ginjal terus dibiarkan lama-lama akan menyebabkan rasa sakit yang amat sangat pada bagian perut (daerah ginjal). Juga menimbulkan gangguan kesehatan fatal hingga menimbulkan komplikasi pada organ dalam tubuh secara perlahan.

Karena itu, untuk cara mengobati batu ginjal dapat dilakukan dengancara merebus beberapa daun pepaya (yang sebelumnya sudah dibersihkan). Unutk selanjutnya air rebusan tersebut diminum dan diakhiri dengan meminum air kelapa muda (namun, bagi yang mengidap hipertensi tidak diperbolehkan untuk menggunakan metode ini dalam pengobatan batu ginjal).

Selain beberapa masalah kesehatan seperti yang di atas, masalah noda hitam yang muncul di wajah juga dapat diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Adapun untuk cara menghilangkan noda hitam di wajah, caranya adalah dengan menghaluskan daun pepaya (bisa ditumbuk ataupun diblender) dan ditambah air, kemudian air sari daun pepaya tersebut dicampurkan dengan masker dan dioleskan pada wajah, setelah 15 menit wajah dibasuh dengan air hangat sampai bersih.

loading...
Loading...
nama lain daun mint, pucuk daun pakel, daun kopasanda dalam bahasa sunda, khasiat air kelapa muda direbus, manfaat daun pepaya untuk bebek, jual daun kopasanda, gambar daun kopasanda, daun bulan, nama sunda daun mint, manfaat daun pepaya wulung, manfaat rebusan air kelapa, cara menjadikan bunga pepaya untuk obat kanker, daun korma, bahaya minum air kelapa setelah minum obat, manfaat air kelapa direbus, efek minum kopi campur garam, manfaat kopi campur garam, manfaat air kelapa muda direbus, manfaat air kelapa campur garam, bolehkah air kelapa direbus, khasiat kopi campur garam, efek samping minum kopi campur garam, buah pepaya pahit, air kelapa dan daun sirih direbus, manfaat air kelapa di campur garam, Air kelapa campur garam, air kelapa di kasih garam sedikit, manfaat air kelapa muda dicampur garam, manfaat air kelapa muda dan daun sirih, manfaat air kelapa garam

Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat untuk Menyembuhkan Penyakit | akbar | 4.5