Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Daun kemangi dikenal sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah bau mulut. Karena itu, daun kemangi biasa disajikan bersama dengan makanan sebagai lalapan. Selain dimakan untuk menghilangkan bau mulut, daun kemangi juga bisa digunakan sebagai bahan pencuci untuk menghilangkan amis yang menempel di tangan setelah makan.

Selain untuk menghilangkan bau, daun kemangi juga dapat memberikan manfaat dan khasiat bagi kesehatan, terutama untuk ibu yang sedang hamil. Karena daun kemangi merupakan asupan yang bergizi tinggi, maka mengonsumsi daun kemangi baik untuk kesehatan ibu maupun janin yang dikandungnya.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi kemangi selama kehamilan:

1. Mengatur pembekuan darah

Daun kemangi dikemas dengan vitamin K yang berperan dalam pembekuan darah. Artinya, vitamin K membantu untuk pembekuan darah dan mengurangi risiko kehilangan darah, serta anemia.

2. Membantu pembentukan tulang janin

Daun kemangi memiliki kandungan magnesium yang membantu membentuk tulang janin. Di sisi lain, mengonsumsi daun kemangi selama kehamilan juga dapat mengurangi risiko stres oksidatif dan kerusakan sel.

3. Mendorong pertumbuhan dan perkembangan janin

Daun kemangi juga kaya akan kandungan vitamin A yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, vitamin A juga memastikan kesehatan jantung, mata, otak dan paru-paru janin. Bahkan, vitamin A juga membantu perkembangan sistem saraf dari janin.

4. Mencegah anemia

Daun kemangi adalah sumber zat besi yang baik, sehingga mendorong jumlah hemoglobin dan meningkatkan sel-sel darah merah selama kehamilan. Selain itu, mengonsumsi daun kemangi meningkatkan energi, sehingga mencegah kelelahan selama kehamilan.

5. Memastikan suplai darah

Daun kemangi memiliki kandung folat yang membantu menghasilkan darah tambahan, di mana sangat diperlukan selama masa kehamilan. Karena, folat mencegah risiko cacat lahir pada bayi dengan memastikan pasokan darah yang tepat.

Itulah beberapa diantara dari sekian banyak manfaat mengonsumsi daun kemangi bagi kesehatan ibu hamil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

loading...
Loading...
Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Ibu Hamil | akbar | 4.5