Manfaat dari Biji Kurma Yang Harus Anda Ketahui

Kurma merupakan buah yang cukup populer dan banyak diburu masyarakat, khususnya pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Kepopuleran buah dari tanah Arab ini memang bukan tanpa sebab. Bahkan, Nabi Muhammad SAW sendiri menganjurkan untuk berbuka puasa dengan buah kurma. Lantas, apa sebenarnya kandungan gizi pada buah kurma?

Salah satu kandungan gizi pada buah kurma adalah zat gula. Dengan adanya kandungan zat gula pada buah kurma yang bisa diubah oleh tubuh dengan untuk menjadi energi inilah yang menjadikan salah satu alasan kenapa buah kurma sangat baik untuk dimakan pertama kali saat buka puasa. Selengkapnya silahkan baca: Kandungan Gizi Buah Kurma.

Pada buah kurma, tidak hanya daging buahnya saja yang dapat kita manfaatkan, namun pada biji kurma pun bisa kita manfaatkan, yaitu sebagai minuman selayaknya kopi.

Cara Membuat Kopi dari Biji Kurma

Adapun cara membuat kopi biji kurma sangatlah mudah. Yaitu dengan cara biji kurma dicuci hingga bersih dan keringkan. Selanjutnya adalah biji kurma dijemur agar benar-benar kering.

Pada proses selanjutnya, setelah biji kurma kering, maka biji kurma disangrai hingga warnanya menjadi hitam. Angkat lalu ditumbuk hingga hancur. Saring untuk mendapatkan bubuk halus seperti bubuk kopi. Ulangi proses menyangrai, menumbuk dan menyaring hingga semua biji berhasil menjadi bubuk. Bubuk biji kurma pun siap untuk diseduh.

Manfaat Biji Kurma

Untuk mendapatkan manfaat dari biji kurma, maka biji kurma terlebih dahulu dibuat menjadi bubuk selayaknya bubuk dari biji kopi.

Untuk manfaat biji kurma sendiri tidak hanya bisa didapat dengan cara mengonsumsinya sebagai minuman, namun juga bisa dengan menggunakannya sebagai campuran untuk bahan perawatan kecantikan.

Dalam buku yang berjudul Islamic Medicine, Yusuf Al-hajj Ahmad membahas bahwa minuman ‘kopi’ biji kurma tersebut bisa memberikan tenaga untuk orang yang meminumnya. Tidak hanya itu saja, bubuk dari biji kurma juga bisa digunakan sebagai bumbu campuran daging, yang bermanfaat untuk membuat daging jadi lebih lembut.

Untuk anda yang suka luluran, maka anda bisa menggunakan bubuk biji kurma sebagai bahan lulur, dimana bubuk biji kurma ini dicampur terlebih dahulu dengan minyak zaitun dan madu.

Sementara manfaat lain dari bubuk biji kurma adalah bisa untuk mengatasi masalah kebotakan. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan cara mencampurkan bubuk biji kurma tersebut dengan minyak zaitun. Lalu aplikasikan pada rambut.

loading...
Loading...
manfaat biji kurma, hasiat biji kurma, khasiat biji kurma, pemanfaatan biji kurma

Manfaat dari Biji Kurma Yang Harus Anda Ketahui | akbar | 4.5