Manfaat dan Khasiat Jamu Kunyit Asam atau Kunir Asem

Indonesia kaya akan bahan rempah yang memiliki khasiat luar biasa untuk pengobatan beragam jenis penyakit. Salah satu rempah yang cukup populer adalah kunir atau disebut juga dengan nama kunyit.

Di Indonesia kunyit biasa diolah menjadi jamu kunyit asam. Untuk di daerah jawa jamu kunyit asam disebut dengan jamu kunir asem. Walau penyebutannya berbeda namun kedua adalah sama dan begitu juga manfaat dan khasiatnya.

Manfaat dan Khasiat Minum Jamu Kunyit Asam atau Kunir Asem

Beberapa manfaat dari minum jamu kunyit asam yang akan didapatkan oleh tubuh kita diantaranya:

1. Detoksifikasi

loading...

Salah satu keunggulan jamu kunyit asam adalah membantu proses pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh akibat dari kelebihan mengkonsumsi obat kimia.

2. Menjaga berat badan

Nafsu makan yang berlebihan membuat seseorang sulit mengontrol berat badan. Dengan meminum jamu kunyit asam, ini akan bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan sehingga anda tidak akan makan berlebihan lagi. Dengan demikian, jamu kunyit asam memiliki khasiat yang berkebalikan dengan jamu beras kencur.

3. Painkiller

Selain memiliki sifat anti bakteri, kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga minuman ini mampu menghilangkan rasa sakit atau pegal di tubuh.

4. Menyembuhkan infeksi kulit

Infeksi kulit karena luka bakar, cedera, atau terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat disembuhkan dengan rutin meminum air kunyit asam. Hal ini disebabkan karena sifat anti inflamasi di dalam kunyit.

5. Anti radang

Sifat unggulan lain dari kunyit asam adalah anti peradangan atau anti inflamasi. Jadi jika Anda konsumsi minuman ini, maka keluhan nyeri otot dan sendi juga pegal linu akan dapat teratasi.

6. Mencerahkan kulit

Karena kunyit mampu menghilangkan racun di dalam tubuh, maka hal ini juga akan berdampak positif bagi kulit. Dengan rajin mengonsumsi air kunir asam, maka Anda akan memiliki kulit yang bersih dan cerah.

7. Melancarkan siklus haid

Banyak wanita yang telah membuktikan khasiat jamu kunyit asam, mereka yang mengkonsumsi jamu ini secara rutin apa lagi jika di kombinasikan dengan sirih (kunyit asem sirih) akan menjadi obat alami yang mampu menghilangkan nyeri haid dan keputihan.

8. Memperlambat Proses Penuaan

Kandungan antioksidan jamu kunyit asam ini dapat membantu dalam proses peremajaan kulit sehingga sel kulit menjadi segar kembali. Anda pun akan terlihat tetap awet muda.

loading...
Loading...
manfaat obat champion, membuat jamu dari daun kirinyuh, asam jawa untuk melancarkan haid, asam jawa untk period, cara mengonsumsi asam jawa untuk memperlancar haid, jamu majaan jawa, kencur untuk keputihan, manfaat air gula untuk pengobatan mata, membuat air asam jawa ketika period, cara membuat minuman dari asam jawa untuk haid, cara membuat minuman asam jawa untuk memperlancar haid, cara membuat asam jawa untuk haid, cara kosumsi asam jawa untuk melancarkan haid, cara buat air asam jawa untuk haid, asem jawa buat haid, asam jawa tu melancarkan haid, air asam jawa melancarkan haid, air asam jawa bolh melancar kn periot

Manfaat dan Khasiat Jamu Kunyit Asam atau Kunir Asem | akbar | 4.5