8 Manfaat dan Khasiat dari Rempah Kapulaga

Kapulaga merupakan bumbu rempah yang paling mahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla.

Kapulaga sendiri merupakan salah satu bahan bumbu rempah yang memiliki sifat dan aromanya yang khas. Karena itu kapulaga lebih dikenal sebagai penyedap masakan. Sebagai salah satu bumbu rempah termahal, manfaat lain dari kapulaga juga biasa digunakan sebagai campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional.

Sebenarnya kapulaga biasa tumbuh secara liar di daerah hutan yang masih lebat dan subur. Namun karena banyak khasiat dari kapulaga untuk kesehatan, maka kini sudah banyak orang yang mulai membudidayakan kapulaga.

Manfaat dan Khasiat dari Rempah Kapulaga

Adapun beberapa manfaat dari kapulaga yang bisa diperoleh diantaranya sebagai berikut ini.

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Hampir mirip dengan jahe, salah satu manfaat kapulaga adalah bisa untuk mengatasi masalah pencernaan dengan berbagai cara. Mulai dari mencampurkannya pada masakan, atau hanya sekedar merebusnya seperti layaknya mengonsumsi wedang jahe. Tidak hanya itu saja, namun kapulaga juga cukup manjur untuk menghilangkan rasa mual, kembung, mulas, kehilangan nafsu makan, sembelit, dan masih banyak lagi.

Ketika secara rutin mengonsumsi kapulaga, maka dampaknya adalah bisa mengurangi risiko radang pada selaput perut yang mengakibatkan perut mual dan mulas.

2. Detoksifikasi

Sebagai bahan untuk detoksifikasi, manfaat kapulaga adalah bisa membantu untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh, khususnya yang berasal dari ginjal.

3. Membersihkan kantung kemih

Manfaat kapulaga tidak hanya bisa untuk melancarkan pencernaan, namun kapulaga juga disinyalir memiliki kandungan zat diuretik yang bermanfaat untuk membersihkan kantung kemih, menghentikan infeksi, serta mengurangi kandungan garam dalam tubuh.

4. Menghilangkan depresi

Kapulaga memiliki kandungan zat Ayurvedic yang sangat ampuh untuk melawan depresi, demikian menurun hasil penelitian. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat kapulaga untuk menghilangkan depresi secara maksimal masi membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

5. Melawan kanker

Kapulaga sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan, dan bahkan membunuh kanker. Demikian menurut penelitian.

6. Mengurangi tekanan darah

Sebagai rempah-rempah yang kaya akan zat diuretik dan serat larut, secara signifikan kapulaga juga mampu menurunkan tekanan darah.

7. Meredakan gangguan pernapasan

Kapulaga bisa membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di dalam paru-paru sehingga mampu membuat napas menjadi lega. Tidak hanya itu saja, berbagai penyakit pernapasan seperti asma, batuk dan alergi dingin juga bisa diatasi dengan kapulaga.

8. Menghilangkan bau mulut

Kapulaga oleh orang-orang India biasa dikonsumsi dengan cara mengunyah bagian biji-bijiannya, terutama setelah mereka selesai menyantap makanan. Hal tersebut dipercaya bisa membantu untuk menyegarkan saluran pernafasan, sehingga akan terhindar dari masalah bau mulut yang menyengat.

Punya masalah bau mulut yang tak kunjung usai? Coba makan kapulaga untuk mengatasinya. Rempah satu ini punya aroma yang khas. Dengan khasiatnya menjaga kesehatan sistem pencernaan maka dampaknya bisa mengatasi masalah bau mulut.

9. Menenangkan detak jantung

Kapulaga memiliki kandungan mineral esensial berupa kalium, kalsium dan magnesium. Senyawa tersebut merupakan komponen elektrolit yang dibutuhkan cairan tubuh untuk mengatur denyut jantung dan menstabilkan tekanan darah. Karena itu, dengan mengonsumsi rutin kapulaga, maka denyut jantung akan lebih tenang dan teratur.

Demikian mengenai beberapa manfaat dari rempah kapulaga sebagaimana yang dikutip dari laman Sunwarrior dan Thehealthsite. Semoga berguna.

loading...
Loading...
biji-bijian yang melancarkan asi, manfaat garam dan jahe

8 Manfaat dan Khasiat dari Rempah Kapulaga | akbar | 4.5